Jakarta (ANTARA News) - Menteri Sosial Idrus Marham memotivasi calon pegawai negeri sipil (CPNS) di Kementerian Sosial untuk menjadikan pekerjaan sebagai panggilan kemanusiaan.

"Niatkan menjadi PNS sebagai panggul pengabdian kepada bangsa. Karena spesifikasi sosial maka itu menjadi panggilan untuk kemanusiaan," kata Mensos pada Orientasi kerja instansi CPNS kemensos TA 2017 di Jakarta, Senin.

Dia mengingatkan bahwa ujian terberat adalah setelah menjadi PNS karena terkait dengan niat untuk menjadi PNS itu sendiri.

"Kalau sejak awal niatnya tidak jelas, maka arahnya ke depan juga tidak jelas. Luruskan dulu niat ini karena akan menjadi motivasi. Saya punya keyakinan tantangan apa pun ke depan pasti bisa diatasi," tambah dia.

Setelah menentukan niat, lalu bagaimana memulai pekerjaan serta mengenali diri dan kemampuan yang dimiliki karena menurut dia, bila tidak mengenal diri dan kemampuan sendiri maka orang tersebut akan berbuat di luar kemampuannya.

Di samping itu, yang tidak kalah penting menurut dia adanya target dalam bekerja dan tidak terjebak pada rutinitas sebagai PNS.

"Hidup ini harus punya target, kalau cuma supaya tidak menganggur, punya status atau ada gaji, kalau hanya itu berarti hanya terlibat kegiatan rutinitas tidak ada prestasi," ujar dia.

Sebanyak 156 CPNS Kementerian Sosial menjalani orientasi selama tiga hari sejak 5-7 Maret 2018. Mereka terpilih setelah bersaing dengan lebih dari 33 ribu pelamar CPNS lainnya.

Pewarta: Desi Purnamawati
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2018