Baturaja (ANTARA News) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan mengerahkan tim petugas dari instansi terkait untuk membantu proses evakuasi korban bencana banjir yang melanda wilayah itu.

"Kami sudah menurunkan tim untuk melakukan evakuasi warga di sejumlah kawasan yang dilanda banjir seperti di Jalan Gotong Royong Lorong Belimbing RT21/05 Kelurahan Kemalaraja Baturaja OKU," kata Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Ogan Komering Ulu (OKU), Mailan Purnama di Baturaja, Selasa.

Banjir yang melanda sejumlah kawasan di Kabupaten OKU sejak Selasa pagi tersebut dampak dari tingginya curah hujan di wilayah itu sejak beberapa hari terakhir yang menyebabkan Sungai Ogan meluap hingga merendam rumah penduduk dengan kedalaman air rata- rata sekitar 120 cm.

"Sekitar 25 rumah warga di Lorong Belimbing yang direndam banjir yang kami evakuasi dengan membantu mengangkut barang mereka ke dataran lebih tinggi,"

Dalam evakuasi tersebut, kata dia, pihaknya menyiapkan dua perahu karet dan 24 orang relawan untuk membantu proses penyelamatan warga korban banjir.

"Kami juga menurunkan tim untuk mengevaluasi korban di wilayah Tanjung Kemala dan Kecamatan Peninjauan karena banjir juga mengarah kesana," jelasnya.

Menurut dia, evakuasi korban perlu dilakukan untuk menghindari kemungkinan banjir akan lebih tinggi lagi hingga menenggelamkan rumah warga di wilayah itu.

"Namun tidak semua warga berhasil kami evakuasi karena ada diantaranya memilih bertahan dengan alasan keselamatan harta benda mereka," kata dia.

Selain di kawasan Kota Baturaja, banjir dampak dari luapan Sungai Ogan tersebut juga melanda sejumlah wilayah pedesaan di Kabupaten OKU seperti Desa Banuayu, Tanjung Dalam, Lubuk batang Baru dan Lubuk Batang Lama serta Kecamatan Peninjauan.

Sementara itu Camat Peninjauan, Feri Iswan saat dikonfirmasi secara terpisah mengaku banjir juga melanda warga di Desa Kepayang dan Belimbing kecamatan setempat dengan ketinggian air di atas betis orang dewasa.

"Untuk wilayah kecamatan kami, Desa Kepayang dan Belimbing yang dilanda banjir. Air luapan Sungai Ogan sudah masuk kerumah penduduk dengan kedalaman di atas betis orang dewasa," katanya saat meninjau lokasi banjir di Desa Kepayang.

Pewarta: Edo Purmana
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018