Bandung (ANTARA News) - Calon Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan pasangannya, Uu Ruzhanul Ulum, mengaku santai menghadapi debat publik pertama yang diselenggarakan di Gedung Sabuga, Kota Bandung yang disebutnya menjadi medium positif dalam menyampaikan visi misi.

"Kita mah santai saja, saya tak pernah menganggap debat ini menegangkan, kita bikin rileks, kita ngobrol. Karena semakin tegang biasanya semakin gak maksimal. Jadi kita bikin semaksimal mungkin," kata kata Ridwan Kamil di Bandung, Senin.

Kang Emil, demikian sapaan akrabnya, menyatakan tidak pernah menganggap debat sebagai hal menegangkan karena apabil tegang akan membuyarkan konsentrasi.

"Tentunya ini jadi sebuah medium atau sarana yang positif. Kenapa? Karena warga akan mendengarkan langsung isi kepalanya seperti apa," kata Ridwan Kamil di Bandung, Senin.

Kang Emil, demikian sapaan akrabnya, menyebut dari debat terbuka ini, masyarakat akan mengetahui program para calon pemimpin daerahnya sehingga menjadi bahan pertimbangan masyarakat untuk memilih mereka.

Kang Emil sendiri menyatakan Pasangan Rindu (Ridwan Kamil-Uu Ruzanhul Ulum) sudah siap dalam menghadapi debat pertama Pilgub. Ia bersama Uu sudah merancang apa yang akan dipaparkan dalam debat.

"Kami sudah belajar, sudah latihan, mengantisipasi pertanyaan, apalagi daftar pertanyaan ini disusun oleh 18 guru besar, seperti ujian. Mudah-mudahan lancar," kata dia.

Dia berjanji memaparkan program-program inovasi untuk menyelesaikan masalah Jawa Barat.

"Kata kunci kita kan Rindu Jabar Juara lahir batin dengan gaya inovasi, satu masalah satu inovasi, seribu masalah seribu inovasi. Gaya kedua adalah kolaboratif. Pemimpin yang turun merangkul ngajak dialog," ujarnya.

Baca juga: Hasanah yakin elektabilitas naik setelah debat Pilkada Jabar

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2018