Jakarta (ANTARA News) - Duta Besar Indonesia untuk Ukraina Yuddy Chrisnandi menyampaikan sejumlah pencapaian Kedutaan Besar Republik Indonesia yang berada di Kyiv, Ukraina selama sembilan bulan terakhir.

"Capaian kinerja KBRI Kyiv hingga saat ini, salah satunya dibangunnya Paviliun Budaya Indonesia dan Taman Miniatur Indonesia di Kyiv Ukraina," ujar Yuddy dalam akun resmi Instagram @yuddychrisnandi yang dikutip di Jakarta, Rabu.

Yuddy yang dilantik sebagai Dubes RI untuk Ukraina pada 13 Maret 2017 itu mengatakan pembangunan Paviliun budaya dan taman Miniatur Indonesia sejatinya sudah direncanakan sejak 10 tahun silam. Namun kini dapat selesai dalam tempo sembilan bulan terakhir tanpa dana APBN KBRI.

Guru Besar Universitas Nasional itu mengatakan KBRI juga akan membuka konsul perdagangan di Kota Kharkiv, Ukraina untuk membuka pasar nontradisional baru di Eropa Timur bagi produk-produk Indonesia.

Saat ini, kata Yuddy, volume perdagangan Indonesia-Ukraina meningkat 15 persen. Jumlah turis Ukraina ke Indonesia juga mengalami peningkatan hingga 100 persen.

"Sedangkan kunjungan High Level Visit meningkat empat kali lipat, per Desember 2017," jelas dia.

Lebih jauh Yuddy mengungkapkan saat ini ia sedang mengupayakan proses pembelian Gedung Kantor KBRI Ukraina, setelah 25 tahun menyewa.

"Insyaallah tahun 2018 KBRI Kyiv akan memiliki kantor sendiri," jelas Yuddy.

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2018