Bandarlampung (ANTARA News) - Ribuan umat Kristiani mengikuti ibadah Jumat Agung, di Gereja Katedral Kristus Raja, Bandarlampung, pada Jumat.

Berdasarkan pantauan di salah satu gereja tertua di Lampung itu, Jumat, jemaat sudah sejak pukul 11.00 WIB memasuki gereja untuk melaksanakan ibadah Jumat Agung.

Pelaksanaan ibadah memperingati wafatnya Isa Almasih itu berlangsung khidmat dan tertib dipimpin oleh Romo Andre.

Jemaat gereja yang berasal dari Kota Bandarlampung tersebut mendengarkan khotbah tak hanya di dalam tetapi juga di halaman gereja yang telah disiapkan tenda oleh panitia.

Toto, salah seorang panitia Jumat Agung mengatakan bahwa pelaksanaan ibadah tersebut berlangsung dua kali.

"Ibadah pertama berlangsung pukul 12.00 WIB hingga selesai dan pelaksanaan ibadah kedua berlangsung sekitar pukul 15.00 WIB," ujarnya.

Ia menyebutkan sebanyak 2.000 jemaat datang ke Gereja Katedrak Kristus Raja untuk mengikuti ibadah Jumat Agung.

Menurutnya, sejumlah gereja lain di Bandarlampung, juga melaksanakan ibadah Jumat Agung untuk memperingati wafatnya Isa Almasih.

"Gereja di Kedaton, Tanjungkarang, Telukbetung, dan Panjang juga melaksanakan ibadah Jumat Agung," ujarnya.

Pada pelaksanaan Jumat Agung di Gereja Katedral tersebut, sejumlah petugas dari Polres Bandarlampung terlihat berjaga-jaga di dalam maupun di luar gereja.

Petugas yang diturunkan pada pengamanan gereja tersebut sebagian besar Polwan.

Pantauan di lokasi juga menunjukkan tidak ada kendaraan taktis dan petugas dalam jumlah besar untuk pengamanan ibadah Jumat Agung.

Pewarta: Agus Wira Sukarta
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2018