Ambon (ANTARA News) - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Ambon sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mendukung program mudik gratis Lebaran 2018, dengan menyediakan lintasan Galala-Namlea pada H-3 dan H+3.

Manager Usaha PT ASDP Cabang Ambon Burhan Fernatubun, di Ambon, Rabu, mengatakan Direktur ASDP Ira Puspadewi telah memerintahkan seluruh cabang ASDP di seluruh Indonesia untuk melaksanakan program mudik gratis Lebaran 2018, karena ASDP merupakan perusahaan negara dan bagian dari program atau kampanye BUMN Hadir untuk Negeri.

"Tahun ini ASDP Cabang Ambon akan memberikan pelayanan mudik gratis khusus penumpang pejalan kaki di lintasan penyeberangan Galala-Namlea pada H-3 dan Namlea-Galala pada H+3," kata Burhan.

Sedangkan untuk lintasan Waepirit-Hunimua, ASDP tidak menyediakan pelayanan mudik gratis, mungkin pemerintah Provinsi Maluku yang juga menyediakan pelayanan sama, sehingga perlu dihindari agar tidak terjadi tumpang tindih.

Menurut dia, untuk program mudik gratis maupun mudik Lebaran 2018 umumnya sudah digelar rapat koordinasi dengan Dinas Perhubungan Provinsi Maluku dan instansi terkait termasuk seluruh stakeholder untuk membahas persiapan angkutan Lebaran 2018.

"Kami sudah sampaikan dalam rapat itu bahwa ASDP Ambon akan memberikan pelayanan mudik gratis kepada pemakai jasa Ferry penyeberangan lintasan Galala-Namlea H-3 dan H+3. Ini program pemerintah Pusat termasuk pemerintah Provinsi Maluku," ujar Burhan.

Sebelum pelaksanaan program mudik gratis, lanjut Burhan, satu bulan sebelumnya akan dibuka pendaftaran yang disesuaikan dengan jumlah tempat duduk di atas kapal, dan bagi pendaftar pertama diberikan tiket gratis dengan nomor urut 1 sesuai nama.

"Penumpang yang akan mengikuti program mudik gratis Lebaran 2018, jumlahnya hanya sekitar 300 orang untuk pejalan kaki. Sedangkan untuk kendaraan roda dua dan roda empat tidak dikenakan tiket mudik gratis," kata Burhan.

Baca juga: Jabar siapkan 5.000 kursi mudik gratis ke Jateng dan Yogya
Baca juga: Pelni siap angkut 6.000 motor dalam mudik gratis Lebaran 2018

Pewarta: Jimmy Ayal
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2018