Sekolah dan orang tua didesak stop anak kecanduan internet

id internet,kecanduan internet,sekolah di china

Sekolah dan orang tua didesak stop anak kecanduan internet

Orang tua harus mewaspadai anak yang kecanduan Internet karena dapat berpengaruh terhadap perkembangan psikologi anak. (ANTARA News/Lukisatrio)

Beijing, China (ANTARA News) - Sekolah dasar dan menengah China telah diminta bertindak untuk mencegah murid "kecanduan Internet", kata Kementerian Pendidikan pada Selasa (24/4).

Sekolah diminta untuk meningkatkan kesadaran siswa mengenai isi kekerasan dan tidak sopan daring dan dampak negatif dari permainan daring, kata Xinhua --yang dipantau Antara di Jakarta, Rabu pagi. Mereka diminta untuk menyediakan bantuan serta panduan buat siswa yang memperlihatkan tanda kecanduan permainan atau isi semacam itu, kata Kementerian itu di dalam siaran pers.

Mereka juga mesti memperketat penanganan akses ke Internet di dalam lingkungan sekolah serta mengatur penggunaan telepon genggam oleh siswa.

Kementerian tersebut juga menyiarkan surat terbuka buat orang tua, dan menyeru mereka agar lebih menyadari masalah tersebut dan lebih banyak campur-tangan.

Li Mingxin, Kepala Sekolah Dasar Beijing, mengatakan kepada Xinhua bahwa kebijakan itu sangat diperlukan dan penting.

Li mengakui bahwa penggunaan telepon genggam dan akses mudah ke Internet telah mengakibatkan masalah di kalangan sejumlah siswa dan di dalam managemen sekolah. Ia juga menyatakan kebijakan Kementerian Pendidikan mendukung sekolah untuk mendisiplinkan siswa yang menggunakan telepon genggam.

Baca juga: Kecanduan internet "sama" seperti Narkoba

Pewarta : Chaidar Abdullah
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar