Yogyakarta (ANTARA News) - Kementerian Perhubungan menyiapkan 15 bus untuk Program Mudik Gratis Lebaran 2018 bagi pemudik dari Jakarta ke Yogyakarta.

"Masing-masing bus yang disiapkan rata-rata memiliki kuota 40-50 kursi penumpang," kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DIY Sigit Sapto Rahardjo di Yogyakarta, Senin.

Dia menjelaskan, selain menyediakan bus, Kementerian Perhubungan juga menyiapkan 10 truk untuk mengangkut sepeda motor pemudik secara gratis.

Baik bus maupun truk diberangkatkan dari sejumlah titik di Jakarta dan sekitarnya, seperti Monas, Pemkot Tangerang, Depok, dan Cikarang.

Meski demikian untuk titik penurunan penumpang hanya difokuskan di dua wilayah, yakni Kota Yogyakarta dan Kota Wonosari.

Ia mengatakan program mudik gratis terus dilanjutkan pemerintah karena memiliki tujuan memudahkan akses angkutan yang pada saat Lebaran masih kurang difasilitasi atau ditampung angkutan umum.

Program itu juga untuk mengurangi pemudik bermotor dari Jakara ke Yogyakarta yang rentan mengalami kecelakaan.

"Kami masih akan mencoba untuk mengajukan tambahan (bus) untuk penumpang tujuan Yogyakarta," kata dia.

Ia memperkirakan seluruh peserta mudik gratis dari Jakarta akan diberangkatkan dengan bus tujuan akhir Kota Yogyakarta dan Wonosari antara 7 hingga 15 Juni 2018.

"Saya mengimbau bagi masyarakat jika ingin pulang agar memanfaatkan program ini dan segera mendaftar melalui laman Kemenhub atau dengan mencari informasi di media-media sosial," kata dia.

Baca juga: Pendaftar mudik gratis 2018 mencapai 600 orang

Pewarta: Luqman Hakim
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2018