Ambon (ANTARA News) - Direktorat Lalu Lintas Polda Maluku mengantisipasi persoalan kemacetan lalu lintas di jalan raya khususnya di Kota Ambon menjelang bulan puasa yang akan dilaksanakan umat Muslim pada pertengahan bulan ini.

"Antisipasi ini akan dilakukan dengan cara merekayasa lalu lintas yang ada pada beberapa titik kemacetan yang terjadi setiap hari," kata Dirlantas Polda Maluku, Kombes Pol Heru Trisasono di Ambon, Kamis.

Rekayasa lalu lintas dalam mengatasi kemacetan ini dilakukan Ditlantas Polda dengan melibatkan Dinas Perhubungan provinsi dan Kota Ambon.

Sebagai langkah awalnya, Ditlantas menggelar kegiatan diskusi dengan para stakeholder untuk mendengar keluhan masyarakat terkait lokasi rawan kemacetan di Kota Ambon dan melibatkan Dishub provinsi dan Kota ambon, Jasa Raharja, serta Balai Jalan Nasional.

Hasil diskusi disimpulkan bahwa penataan kembali kawasan Pasar Mardika meliputi fungsi terminal, parkir roda empat dan roda dua, serta penataan pedagang oleh dinas perhubungan kota dan provinsi.

Perbaikan jalan sepanjang pasar Mardika oleh Balai Jalan Nasional, cari lokasi pedagang makanan buka puasa yang operasional di sepanjang wilayah Batu Merah selama selama Bulan Ramadhan

Rekayasa lalu lintas yang meliputi pengalihan arus dan trayek angkutan kota, susun tim kerja guna melakukan kajian lapangan dan koordinasi dengan pihak terkait.

Sehingga program ini diharapkan sebelum ibadah puasa dijalankan pada 15 Mei 2018 telah diuji coba.

Usai melakukan diskusi bersama, Dirlantas bersama dinas terkait juga turun langsung meninjau lokasi rawan macet di wilayah Kota Ambon seperti Pasar Mardika dan Pasar Batu Merah.

Pewarta: Daniel Leonard
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018