Batam (ANTARA News) - PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) menyiapkan 4.750 tiket mudik gratis ke beberapa daerah di Indonesia, menjelang Hari Raya Idul Fitri.

"Jumlahnya 4.750 tiket untuk semua rute, termasuk dari Batam menuju Medan," kata Humas Pelindo I, Fiona Sari Utami melalui sambungan telepon di Batam, Kepulauan Riau.

Ia mengatakan sebanyak 4.750 tiket mudik gratis bersama Pelindo itu untuk perjalanan melalui laut dan darat. Untuk transportasi laut, Pelindo bekerja sama dengan Pelni.

Namun, Fiona tidak menyebutkan bagaimana cara pendaftaran tiket mudik gratis bersama Pelindo I itu, juga kapan program itu akan dimulai.

Ia juga belum menjabarkan rute perjalanan yang disiapkan Badan Usaha Milik Negara itu.

"Nanti ada pendaftaran, fotokopi KTP, dan Kartu Keluarga harus dilampirkan. Informasi lengkapnya akan kami sampaikan nanti," kata dia.

Baca juga: Pelni siapkan 20.500 kuota Mudik Bareng BUMN

Sementara itu, Manager Operasional Pelni Cabang Batam, Toro, mengatakan Pelni bekerja sama dengan Pelindo I untuk program Mudik Bersama Pelindo.

Ia mengatakan terdapat 2.000 tiket Pelni yang disiapkan untuk program itu.

Untuk rute Batam-Medan, disiapkan dua kali perjalanan, yang pertama pada 9 Juni 2018 dan yang kedua masih dalam tahap pembahasan.

"Pemesanan tiket gratis di Pelindo, Pelni hanya sebagai penyedia jasa," kata dia.

Pelni, kata dia, siap memberangkat masyarakat dalam program itu, dengan menyiapkan ketersediaan tempat dalam kapal.

Warga Batam, Devi, berharap dapat menikmati program mudik gratis bersama Pelindo I itu, demi meringankan biaya, saat hendak pulang ke kampung halaman demi merayakan Lebaran.

"Kalau bisa, segera diumumkan bagaimana caranya, karena kami ingin ikut," kata dia.

Baca juga: BRI Malaysia gelar mudik gratis

Baca juga: Tujuh BUMN gratiskan 2.000 tiket Pelni Jakarta-Surabaya

Pewarta: Yuniati Jannatun Naim
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2018