Jakarta (ANTARA News) - Mahasiswi Universitas Gadjah Mada (UGM) Rudang Cecilia Pinem terpilih untuk merasakan pengalaman menjadi Duta Besar (Dubes) Denmark untuk Indonesia dalam satu hari melalui kegiatan Ambassador One Day.

Mahasiswi jurusan hukum itu memenangi kompetisi Ambassador One Day ke-5 yang merupakan kerjasama Kedutaan Besar Denmark di Jakarta dan the Habibie Center.

Kompetisi tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan ketertarikan anak muda Indonesia untuk mempelajari dunia diplomasi dan politik internasional serta kerjasama bilateral Indonesia dan Denmark.

Tulisan Cecilia mengenai potensi kerjasama Indonesia dan Denmark dalam mengatasi tantangan global tentang anti korupsi mengungguli lebih dari 500 esai mahasiswa dari berbagai universitas di Indonesia.
 
Cecilia dan Duta Besar Denmark untuk Indonesia Rasmus Abildgaard Kristensen. (Antara/Martha Herlinawati)

Dalam kegiatan Ambassador One Day, Cecilia akan menjalankan tugas sebagai Dubes Denmark untuk Indonesia Rasmus Abildgaard Kristensen selama sehari.

Dia mengikuti kegiatan seharian Dubes Rasmus pada Selasa di Jakarta dan menyampaikan sejumlah pandangan dari sudut pandang pemuda Indonesia dalam seminar maupun pertemuan yang dihadiri Dubes Rasmus.

Sebagai pemenang kompetisi itu, dia akan melakukan perjalanan studi selama satu pekan ke ibu kota Denmark, Copenhagen pada musim gugur mendatang.

Di Copenhagen, Cecilia akan bertemu dengan pejabat Kementerian Luar Negeri Denmark, Kedutaan Besar Republik Indonesia di Copenhagen dan institusi terkait lainnya termasuk organisasi internasional dan pemuda serta universitas untuk memperluas wawasan terkait hubungan bilateral Denmark dan Indonesia.

Pewarta: Martha Herlinawati S
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2018