Banjarmasin, Kalimantan Selatan (ANTARA News) - Komandan Korem 101/Antasari, Kolonel Infantri Yudianto Putrajaya, menginstruksikan jajarannya agar bisa memastikan umat Islam nyaman dan aman beribadah selama Ramadhan.

"Yakinkan semua masyarakat khususnya kaum muslimin dan muslimah bisa khusyuk beribadah tanpa ada gangguan selama bulan puasa," kata dia di Banjarmasin, Jumat.

Untuk itu, dia meminta para komandan Kodim dan komandan satuan di jajarannya pada Ramadhan 1439 Hijriah ini, agar menerjunkan anggotanya di lapangan membaur dengan masyarakat baik saat sholat tarawih maupun sholat subuh. Di lingkungan TNI AD, komandan atau panglima komando teritorial ditempatkan pada posisi komandan senior di antara jajaran di wilayah itu. 

Kemudian guna mengantisipasi situasi wilayah, anggota TNI AD di seluruh jajaran Korem 101/Antasari agar berkoordinasi dengan personel instansi lain. "Juga laksanakan kerja sama antar umat beragama agar kita semua rakyat Kalimantan Selatan bisa saling menghormati," ucapnya menekankan.

Putrajaya juga menegaskan, bangsa Indonesia memiliki kelebihan dengan semboyan Bhinneka Tunggal Ika. Untuk itu, meski berbeda keyakinan, namun tetap satu juga dengan menjunjung tinggi toleransi antar umat beragama.

Di sisi lain, dia juga mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa Ramadhan kepada seluruh lapisan masyarakat. "Salam hormat saya juga buat seluruh prajurit, PNS juga keluarga. Semoga kita semua selalu mendapatkan ridho Allah SWT, amin. Antasari Bergerak," kata dia. 

Pewarta: Gunawan Wibisono
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2018