Lhokseumawe (ANTARA News)- Selama bulan Ramadhan, warga Kota Lhokseumawe, Provinsi Aceh, mendapat makanan khas Aceh dibulan Ramadhan, kanji rumbi, secara gratis dari Masjid Islamic Centre Lhokseumawe.



Pembagian Kanji Rumbi itu, dilakukan tiap sore menjelang waktu berbuka puasa kepada masyarakat yang datang. Makanan khas Aceh itu, dimasak langsung di halaman masjid tersebut dan dibagikan kepada masyarakat yang datang.



Hari pertama pembuatan Kanji Rumbi, Jumat, dibagikan langsung oleh Walikota Lhokseumawe Suaidi Yahya, kepada masyarakat yang datang mengambilnya. Warga membawa wadah kecil dan kemudian diisi dengan Kanji Rumbi.



Suaidi Yahya mengatakan, selama bulan Ramadhan, Kanji Rumbi tersebut, selalu dibagikan kepada masyarakat yang datang mengambil secara gratis. Apalagi, pada bulan Ramadhan menyediakan makanan berbuka puasa bagi orang yang berpuasa merupakan suatu bentuk amalan. Selain daripada mengikat tali ukhuwah Islamiyah diantara sesama muslim, katanya.



Lanjut Suaidi lagi, dalam sehari mampu menyediakan 1.000 porsi lebih Kanji Rumbi yang datang mengambil dan membawa pulang kerumah dan disisakan juga untuk yang berbuka puasa di Masjid Islamic Centre.



"Kita berikan secara gratis kepada masyarakat yang datang ingin mencicipi makanan tersebut. Baik yang datang berbuka puasa di Masjid Islamic Centre atau masyarakat yang datang mengambilnya pada sore hari menjelang berbuka puasa," jelas Wali Kota Lhokseumawe itu.



Sebutnya, disediakannya Kanji Rumbi, dikarenakan karena Kanji Rumbi merupakan salah satu makanan tradisional masyarakat Aceh pada bulan Ramadhan, yang dimakan saat berbuka puasa, terang Suaidi Yahya.



Sementara itu, Kanji Rumbi merupakan sejenis makanan yang bentuknya seperti bubur ayam. Yang terdiri dari bahan-bahan beras yang sudah dicuci dan direndam, ayam, udang rebus, bawang goreng dan garam secukupnya.



Sementara bumbunya antara lain ketumbar, merica, adas manis, pekak, kayu manis bawang merah, jahe dan biji pala. Dimana cara membuatnya, beras disangrai sampai kuning dan ditumbuk kasar. Lalu ayam dan beras direbus hingga ayamnya menjadi empuk dan beras menjadi bubur. Didalam rebusan bubur tersebut, dimasukkan bumbu yang sudah dibungkus dengan kain tipis dan ditambah garam. Dihidangkan dengan menabur ayam yang sudah dipotong-potong dan bawang goreng.



Di Aceh, makanan tersebut sudah sangat khas pada bulan Ramadhan. Biasanya tiap bulan Ramadhan, warga berpatungan membuat kanji rumbi tersebut yang dipusatkan di mesjid-mesjid atau di meunasah (surau). Serta dibagikan secara gratis kepada masyarakat tiap menjelang waktu berbuka puasa.

Pewarta: Mukhlis
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018