Kudus (ANTARA News) - Pengiriman paket barang melalui penyedia jasa antaran di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah selama Ramadhan mengalami lonjakan dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

"Berdasarkan pengalaman tahun lalu, menjelang Ramadhan hingga jelang Lebaran jasa paket kiriman barang di tempat kami memang selalu meningkat," kata Supervisor Pelayanan PT Pos Cabang Kudus Pujiyono di Kudus, Rabu.

Bahkan, lanjut dia, kenaikan pengiriman paket mulai terlihat sejak April 2018 yang mencapai 57.873 paket dibandingkan dengan pengiriman Maret 2018 yang tercatat 27.519 paket. Pengiriman paket selama April 2018 mengalami pertumbuhan 48 persen.

Ia memperkirakan pengiriman paket barang melalui PT Pos akan mengalami kenaikan, seiring dengan banyaknya pelaku bisnis daring di Kabupaten Kudus.

Keberadaan toko daring yang menjamur di Kabupaten Kudus, kata dia, turut mendukung peningkatkan pengiriman paket karena sebagian dari mereka mengirimkan paket barangnya melalui PT Pos.

Paket pengiriman barang yang paling mendominasi saat ini, lanjut dia, busana muslim, mulai dari pakaian muslim hingga jilbab.

Mendekati Lebaran, dia memprediksi, paket pengiriman barang paling banyak merupakan makanan, sedangkan busana muslim biasanya sebelum puasa hingga pertengahan puasa.

Dalam rangka meningkatkan pelayanan terhadap pelanggan bisnis yang hendak melakukan pengiriman paket barang, PT Pos Kudus mulai membuka pelayanan pengiriman paket barang hingga malam hari, yakni mulai pukul 07.00 hingga 22.00 WIB.

Selain itu, PT Pos Kudus juga melayani pengambilan paket barang secara gratis tanpa memperhitungkan jarak dan jumlah paket barang yang hendak dikirim.

"Untuk memanfaatkan layanan baru yang mulai diberlakukan per awal 2018 itu, silakan menghubungi nomor kontak layanan 1500117," ujarnya.

PT Pos Kudus juga memberikan potongan terhadap pelanggannya yang dalam satu bulan melakukan pengiriman yang total biayanya mencapai Rp50 juta.

"Kami akan memberikan diskon sebesar 10 persen," ujarnya.

Setiap pelanggan, kata dia, sudah tercatat secara otomatis melalui sistem, sehingga ketika dalam satu bulan telah melakukan pengiriman yang total biayanya mencapai Rp50 juta secara otomatis akan mendapatkan potongan tersebut.

Khusus pengiriman paket kilat khusus, katanya, untuk wilayah Jateng satu hari bisa sampai tujuan.

Pewarta: Akhmad Nazaruddin
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018