Kendari (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi melalui Dinas Sosial Sulawesi Tenggara telah menyalurkan bantuan warga Kabupaten Konawe Utara yang ditimpa bencana baik itu banjir dan tanah longsor.

Kepala Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Tenggara Armunanto, di Kendari, Rabu, mengatakan mengenai banjir bandang yang melanda masyarakat Kabupaten Konawe Utara provinsi Sultra, pihak provinsi sudah memberikan bantuan logistik dari tiga hari yang lalu seperti makanan dan tenda pengungsian.

"Bantuan itu, kita berikan kepada Dinas Sosial setempat untuk disalurkan kepada masyarakat yang ditimpa bencana tersebut," katanya.

Ia mengaku, sudah melakukan penanganan-penanganan atau langkah-langkah pengungsian dan alhamdulillah sampai saat ini stok logistik mereka masih cukup.

"Jadi saya minta kalau terjadi lagi banjir susulan, diharapkan segera berkoordinasi dengan provinsi, dalam hal ini Dinas Sosial untuk mengajukan bantuan tambahan," ujarnya.

Dinsos Sultra kata Armunanto, sudah menyiapkan tagana siaga satu yang artinya satu kali 24 jam untuk memberikan pelayanan dan penanganan.

"Jadi, itulah langkah-langkah yang kita lakukan menghadapi situasi banjir atau hujan yang intensitasnya tinggi di Sultra," katanya.

Banjir di Konawe Utara terjadi sejak 21 Mei yang melanda lima kecamatan di daerah itu yakni Kecamatan Langgikima, Landawe, Oheo, Asera dan Andowia.

BPBD Konawe Utara melaporkan dari banjir tersebut mengakibatkan ratusan rumah warga terendam air dan terdapat sekitar 360 warga mengungsi di tenda pengungsian.

Pewarta: Suparman
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018