Jakarta (ANTARA News) - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan pertemuan bilateral antara Indonesia dan India membahas beragam hal menyangkut aspek ekonomi.

Ditemui di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Rabu, Darmin menyebutkan topik bahasan terkait kerja sama ekonomi Indonesia-India menyangkut persoalan kelapa sawit hingga impor daging.

"Ini kerja samanya luas di semua aspek. Kalau di ekonomi mulai dari persoalan kelapa sawit, bahan baku farmasi, kita juga punya kerja sama impor daging dari India. Mereka juga menawarkan beberapa macam lagi yang lain," kata mantan gubernur Bank Indonesia tersebut.

Namun, Darmin belum bisa menyampaikan perkembangan dan realisasi dari kerja sama bilateral Indonesia-India karena masih pembahasan tahap awal.

Perdana Menteri India Narendra Modi melakukan kunjungan resmi ke Indonesia pada 29-31 Mei 2018.

Melalui kunjungan tersebut, pemerintah Indonesia menjajaki peningkatan hubungan kerja sama bilateral dengan India kepada kemitraan strategis komprehensif.

"Sudah saatnya Indonesia memiliki sebuah kemitraan strategis komprehensif. Kemitraan strategis komprehensif harus diisi dengan kerja sama yang konkret, dan kerja sama konkret hanya dapat diwujudkan melalui peningkatan engagement, termasuk pada tingkat leaders," kata Presiden RI Joko Widodo dalam sambutannya saat pertemuan bilateral Indonesia dan India di Istana Merdeka.

Menurut Jokowi, kedua negara perlu menyambut kemitraan strategis komprehensif dengan bekerja lebih keras bagi terwujudnya hubungan yang terus saling menguntungkan.
Presiden Joko Widodo (kanan) bersama PM India Narendra Modi saat memberikan keterangan seusai melakukan pertemuan bilateral di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (30/5/2018). Kunjungan kenegaraan tersebut membahas isu-isu bilateral, regional dan global mencakup kerja sama antara kedua negara serta untuk menyambut 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia-India. (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)


Baca juga: Indonesia tingkatkan kerja sama bilateral dengan India

Baca juga: Presiden Jokowi sambut kedatangan Perdana Menteri India

Pewarta: Roberto Calvinantya Basuki
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2018