Serang (ANTARA News) - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Wilayah Banten menyediakan 1.500 tempat duduk dalam gelaran mudik gratis bagi pekerja peserta BPJS yang ingin pulang kampung ke wilayah Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Lampung.

Deputi Direktur BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Banten Teguh Purwanto di Serang, Kamis, menjelaskan untuk tahun ini pihaknya menyiapkan 1.500 kursi (37 bus) bagi peserta BPJS yang hendak mudik ke wilayah tujuan tersebut melalui jalur darat.

Ia mengatakan program Mudik Gratis Bersama BPJS Ketenagakerjaan merupakan wujud terima kasih kepada perusahaan peserta BPJS Ketenagakerjaan yang tertib administrasi dalam pembayaran dan pendaftaran pekerjanya pada program BPJS Ketenagakerjaan.

Selain itu, kata Teguh, kegiatan mudik gratis yang digelar rutin tiap tahun itu merupakan salah satu agenda Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) BPJS Ketenagakerjaan untuk memberikan fasilitas mudik gratis kepada para pekerja yang merantau di Wilayah Tangerang, Banten dan sekitarnya supaya bisa merayakan Idul Fitri di kampung halaman bersama keluarga.

Rute yang akan dilalui oleh calon pemudik dari Tangerang menuju Jawa Tengah via jalur utara, yaitu Brebes, Tegal, Pekalongan, Solo, dan Wonogiri. Rute via jalur selatannya itu Tasik, Cilacap, Kebumen, Purworejo, dan Yogyakarta.

Tujuan Jawa Tengah via jalur tengah, yaitu Slawi, Purwokerto, Wonosobo, Temanggung, Magelang, dan Yogyakarta.

Rute mudik menuju Jawa Timur ada dua, yaitu via jalur tengah (Semarang, Solo, Sragen, Ngawi, Nganjuk, Kediri, TulungAgung, Blitar, dan Malang), via jalur utara (Demak, Kudus, Pati, Rembang, Lamongan, Gresik, dan Surabaya).

Rute mudik menuju Lampung melalui Kalianda, Tarahan, Rajabasa, dan Metro. Keberangkatan calon pemudik akan dilaksanakan pada H-6 atau 9 Juni 2018 yang akan dilepas bersama di Lapangan Parkir Mall Alam Sutera Tangerang.

"Diharapkan dengan diadakannya mudik bersama ini akan meningkatkan kepercayaan masyarakat, khususnya pekerja kepada BPJS Ketenagakerjaan sekaligus membuat BPJS Ketenagakerjaan lebih dikenal oleh masyarakat luas," kata Teguh.

Ia menambahkan mereka yang berminat mengikuti program mudik gratis itu dapat menghubungi kantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat.

Program mudik bersama itu berlaku bagi pekerja perusahaan dari semua cabang di jajaran Kanwil Banten, seperti perusahaan cabang Cikokol, Batuceper, Cimone, Tangerang Selatan, Cikupa, dan Kota/Kabupaten serang.

Baca juga: BPJS Ketenagakerjaan Banten bayar klaim Rp1,77 triliun

Pewarta: Ridwan Chaidir
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2018