Bandung (ANTARA News) - Sebanyak 407 petugas medis akan bersiaga dan tetap bertugas selama musim mudik dan balik lebaran 2018.

"Jadi Insya Allah secara SDM, sarana dan prasarana ini kami sudah siapkan," ujar Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Bandung Siska Gerfianti di Bandung, Kamis.

Siska merinci, 407 petugas dinas tersebut terdiri atas 137 dokter, 199 perawat dan 71 sopir ambulans.

Seluruh petugas medis itu akan menempati posko-posko kesehatan masa mudik Lebaran yang telah didirikan di beberapa titik di Kota Bandung

"Kami sudah menyiapkan berikut jadwal jaga di seluruh posko kesehatan tadi sehingga mudah-mudahan pelayanan kesehatan tetap terjaga," kata dia.

Menurut dia, beberapa posko kesehatan ditempatkan seperti di terminal, stasiun kereta, pusat keramaian, pusat perbelanjaan, bandara serta taman kota.

Disinggung mengenai layanan Rawat Layad, menurut dia, program tersebut tetap akan berjalan. Petugas akan mendatangi masyarakat tidak mampu yang memerlukan bantuan medis.

"Jadi kalau dalam masa mudik ditemukan adanya lansia atau masyarakat yang kurang mampu sakit, diharapkan tetangganya menelepon ke nomor 119," katanya.

Baca juga: Pemudik melalui Terminal Cicaheum Bandung diprediksi turun

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2018