Padang (ANTARA News) - Korem 032/Wirabraja menyiagakan 3.000 prajurit untuk terlibat dalam pengamanan Lebaran tahun ini di wilayah Sumatera Barat.

"Ada 3.000 prajurit kami libatkan untuk PAM Lebaran tahun ini. Kami sudah atur jadwalnya agar anggota yang bertugas dapat kesempatan untuk bersama keluarga," kata Komandan Korem 032 / Wirabraja, Brigjen Mirza Agus di Padang, Kamis (7/6) malam.

Ia menambahkan, pihaknya telah memerintahkan seluruh prajurit yang bertugas di Komando Distrik Militer (Kodim) di provinsi itu turut membantu pengamanan Lebaran sebagai bentuk sinergitas TNI dan Polri dalam mengamankan Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah mulai H-10 hingga H+10 Lebaran nanti.

"Laporan yang kami terima mulai dari Pasaman di ujung utara sampai Pesisir Selatan dan timur Dharmasraya, Kodim sudah `back up` masing - masing Polres untuk bantu pengamanan Lembaran, sampai kondisi kembali kondusif," ujarnya.

Baca juga: Polda Sumsel tempatkan penembak jitu jalur mudik

Dandrem menyebutkan saat ini sudah ada beberapa Kodim yang mulai melakukan patroli bersama pada jalur - jalur Lintas Sumatera.

"Di Pasaman sudah dimulai patroli bersama, di sepanjang jalan lintas Sumatera dan juga di Bandara International Minangkabau hal serupa juga telah dilakukan personil kita," ujarnya.

Terkait aksi terorisme, dia mengimbau masyarakat untuk mengaktifkan kembali pos keamanan dan aturan wajib lapor 1x24 jam di lingkungan sekitar serta selalu aktif berkomunikasi kepada Bintara Pembina Desa (Babinsa) dan Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas).

"Kami imbau kepada masyarakat untuk menjaga lingkungan ada, harus ada wajib lapor 1x24 jam, kepada RT/RW setempat tolong dijaga keamanan dan komunikasi dengan Babinsa dan Bhabinkantibmas, agar ke depan kami semua bisa bersinergi melawan teroris," tambahnya.

Baca juga: Polres Karawang bangun 34 pos pengamanan mudik

Pewarta: Agung Pambudi P
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2018