Ngawi (ANTARA News) - Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin menyatakan jalan tol fungsional yang digunakan selama Lebaran tahun 2018 di wilayah Provisi Jawa Timur tercatat sepanjang 97,16 kilometer.

"Adapun sepanjang 80,45 kilometer di antaranya merupakan jalan tol Trans Jawa dan 16,71 kilometer lainnya merupakan jalan tol non-Trans Jawa," ujar Kapolda saat memaparkan kesiapan dan keamanan jalur mudik lebaran kepada rombongan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani di Pos Pengamanan dan `Rest Area` Jalan Tol Ngawi km 575, Mantingan, Kabupaten Ngawi, Minggu (10/6) sore.

Dalam kunjungan tersebut Menko PMK didampingi Kapolri, Panglima TNI, Menteri Perhubungan, Menteri PUPR, dan Menteri Kesehatan.

Machfud merinci, untuk jalan tol Trans Jawa yang merupakan jalur fungsional meliputi jalan tol ruas Mantingan-Ngawi sepanjang 34,20 kilometer dan jalan tol Wilangan-Kertosono sepanjang 38,75 kilometer.

Sedangkan, jalan fungsional bukan tol Trans Jawa, antara lain jalan tol Gempol-Pasuruan Seksi 2 IC Rembang-IC Pasuruan sepanjang 6,60 kilometer, tol Gempol-Pandaan Tahap II sepanjang 1,56 kilometer, dan Tol Pandaan-Malang sepanjang 15,15 kilometer.

Ia menegaskan, dengan dioperasikannya sejumlah jalan tol Trans Jawa sebagai jalur fungsional, diharapkan mampu mengurangi kemacetan kendaraan hingga 30 persen di jalur nasional atau arteri saat arus mudik dan balik Lebaran 2018.

Menanggapi paparan tersebut, Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian menyampaikan apresiasinya kepada Gubernur Jatim Soekarwo yang dengan baik telah melakukan kesiapan arus mudik dan balik Lebaran tahun 2018 bersama jajaran Polda Jatim dan Kodam V/Brawijaya.

Pos Pengamanan IIII dan Rest Area di Jalan Tol Ngawi kilometer 575, Mantingan Ngawi, merupakan titik akhir lokasi kunjungan persiapan mudik Lebaran 2018 dari roombingan Menko PMK.

Sebelumnya rombongan Kapolri dan Panglima TNI telah meninjau Pos Pam Terpadu Cikopo Purwakarta dan Pos Pelayanan Gerbang Tol Kertasari Brebes.

Dalam peninjauan kesiapan jalur mudik tersebut, Menko PMK, Kapolri, dan rombongan melakukan `teleconference` dengan pospam-pospam di Jatim, di antaranya Pospam Tuban, Pospam Mengkreng, Pospam Banyuwangi, Pospam Ngawi, serta Pospam Taman Dayu Pandaan.

Pewarta: Louis Rika Stevani
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018