Dishub DKI buka parkir cadangan antisipasi macet Monas

id parkir monas,Dody Rochadi,monumen nasional,wisata monas,libur lebaran

Dokumen foto ratusan motor pengunjung di parkir di sudut pintu masuk Tugu Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, saat libur Lebaran. (ANTARA FOTO/Fanny Octavianus)

Jakarta (ANTARA News) - Dinas Perhubungan Daerah Khusus Ibu Kota (Dishub DKI) Jakarta membuka lokasi parkir cadangan untuk mengantisi kemacetan di sekitar kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, akibat antrian mobil wisatawan yang ingin berkunjung ke kawasan tersebut di hari cuti bersama dan libur usai Idul Fitri 1439 Hijriyah.

"Untuk lokasi parkir di silang Monas dibuka sampai pukul 20.00 WIB dengan biaya sekali parkir Rp5.000 flat, dan khusus untuk mobil. Kapasitas maksimal sekitar 76 mobil," ujar Manajer Operasional UP Perpakiran Dinas Perhubungan DKI Jakarta wilayah Jakarta Pusat Dody Rochadi di kawasan Monas, Jakarta Pusat, Selasa.

Ia mengatakan, tempat parkir cadangan itu berada di silang Monas Jalan Medan Merdeka Barat.

Tempat parkir cadangan tersebut, menurut dia, difungsikan jika lokasi parkir utama Monas, yakni di lapangan Ikatan Restoran dan Taman Indonesia (IRTI) dalam kondisi penuh atau terjadi penumpukan kendaraan yang mengantri masuk.

Jika masih melebihi kapasitas, menurut dia, maka mobil-mobil itu akan diarahkan ke lokasi parkir Stasiun Gambir dan Masjid Istiqlal.

Kantong parkir cadangan tersebut, dikemukakannya, akan terus dibuka hingga libur cuti bersama selesai atau sampai Rabu (20/6).

Namun, Dody mennyatakan, tempat itu masih ada kemungkinan disiagakan pula pada Sabtu--Minggu (23/6 dan 24/6) yang diperkirakan juga menjadi saat tingginya jumlah pengunjung Monas.

Dishub DKI Jakarta pun mengimbau kepada masyarakat Monas untuk sebisa mungkin menggunakan kendaraan umum, seperti bus TransJakarta dan kereta rel listrik (KRL) ketika berkunjung demi menghindari kemacetan di kawasan tersebut.

Namun, Dody menyebut pihaknya menyadari hal ini cukup sulit diterapkan karena pengunjung Monas di hari libur pasca-Lebaran banyak yang berasal dari luar Jakarta.

"Kami mengimbau tidak membawa mobil pribadi agar tak terjadi penumpukan. Akan tetapi, kami tetap berupaya memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat," demikian Dody Rochadi.

Pewarta : Michael Teguh Adiputra Siahaan
Editor: Priyambodo RH
COPYRIGHT © ANTARA

Komentar