Jakarta (ANTARA News) - Lima berita pilihan kemarin yang layak baca hari ini di antaranya tentang Fredrich Yunadi yang divonis tujuh tahun penjara, Presiden Jokowi terima kunjungan kenegaraan Presiden Timor Leste,dan Gunung Agung yang berstatus siaga.

Selengkapnya:

1. Fredrich Yunadi divonis 7 tahun penjara
Jakarta (ANTARA News) - Advokat Fredrich Yunadi divonis tujuh tahun penjara ditambah denda Rp500 juta subsider lima bulan kurungan karena terbukti merintangi pemeriksaan Setya Novanto dalam perkara korupsi kartu tanda penduduk berbasis database tunggal nasional secara elektronik (KTP-el).

"Mengadili, menyatakan terdakwa Fredrich Yunadi telah terbukti secara sah dan meyakinkan secara hukum bersalah melakukan tindak pidana dengan sengaja merintangi penyidikan perkara korupsi. Menjatuhkan pidana terhadap terdakwa dengan pidana penjara selama 7 tahun ditambah denda sebesar Rp500 juta dengan ketentuan bila tidak dibayar maka diganti dengan pidana kurungan selama 5 bulan," kata hakim Saifuddin Zuhri di pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta, Kamis.

Baca beritanya di sini.

2. Presiden Jokowi terima kunjungan kenegaraan Presiden Timor Leste
Jakarta (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo menerima kunjungan kenegaraan Presiden Republik Demokratik Timor-Leste Francisco Guterres Lú Olo di Istana Kepresidenan Bogor.

Rombongan kepresidenan RDTL pada Kamis tiba di halaman depan Istana Kepresidenan Bogor pada pukul 10.00 WIB.

Kendaraan kepresidenan diiringi oleh pasukan Nusantara, pasukan drumband dan pasukan berkuda Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

Berita lengkapnya di sini.

Baca juga: Jokowi jemput Mahathir di Bandara Halim Perdanakusuma

3. KPK periksa Ganjar Pranowo sebagai saksi
Jakarta (ANTARA News) - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memeriksa politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Ganjar Pranowo dalam penyidikan tindak pidana korupsi pengadaan paket penerapan KTP berbasis nomor induk kependudukan secara nasional (KTP elektronik/KTP-e).

Ganjar yang tiba di gedung KPK, Jakarta, Kamis sekitar pukul 09.30 WIB mengaku akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Irvanto Hendra Pambudi yang merupakan keponakan Setya Novanto.

"Saya datang untuk memenuhi panggilan penyidik KPK, sebelumnya saya kan tidak bisa datang. Untuk Irvan ya," ucap Ganjar.

Baca berita selengkapnya di sini.

4. Setelah letusan, Gunung Agung masih siaga
Jakarta (ANTARA News) - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi menyatakan Gunung Agung di Bali masih berstatus Siaga, atau Tingkat III berdasarkan siaran pers per pukul 18.00 WITA hari ini, Kamis (28/6).

“Saat ini status Gunung Agung masih berada pada Level III (Siaga). Pada level ini, erupsi dapat terjadi kapan saja,” kata Kepala PVMBG Badan Geologi, Kementerian ESDM, Kasbani, dalam keterangan pers.

Berdasarkan pemantauan tim PVMBG di lokasi hingga pukul 18.00 WITA, aktivitas emisi dan gas masih terus berlangsung dengan ketinggian relatif konstan di kisaran 1.500-2.000 m di atas puncak. Fenomena emisi gas dan abu kemungkinan disertai aliran fluida, didukung oleh sinyal seismik dan pengamatan langsung.

Selengkapnya di sini.

Baca juga: Bandara Ngurah Rai ditutup karena abu vulkanik Gunung Agung

5. Huawei P20 Pro dengan triple kamera meluncur di Indonesia
Jakarta (ANTARA News) - Huawei resmi meluncurkan smartphone premium seri P yang paling ditunggu-tunggu, Huawei P20 Pro di pasar Indonesia.

“Ini menjadi permulaan era premium smartphone Huawei di Indonesia. Ponsel ini menjadi pilihan berkualitas bagi konsumen sehingga bisa mendapatkan ponsel berkualitas dari Huawei,” kata Lo Khing Seng, Deputy Country Director Huawei Device Indonesia, dalam acara peluncuran di Jakarta, Kamis.

Huawei P20 Pro merupakan smartphone pertama di dunia yang menggunakan triple camera dari Leica, dan diperkuat dengan teknologi Artificial Intelligence (AI).

Berita selengkapnya di sini.

Baca juga: Bermain di kelas premium, Huawei tak takut pesaing
 

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2018