Jakarta (ANTARA News) - Ilmu Kedokteran dan Manajemen menjadi program pilihan favorit pendaftar Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

"Prodi (program studi) yang paling banyak diminati hampir sama dengan tahun sebelumnya. Untuk kategori sains dan teknologi, yang paling banyak diminati adalah Ilmu Kedokteran, Farmasi dan Teknik Informasi. Sementara untuk kategori sosial humaniora,  yang paling banyak diminati adalah Manajemen, Akuntansi dan Ilmu Komunikasi," kata Ketua Panitia Pusat SBMPTN Ravik Karsidi di Jakarta, Selasa.

Untuk program studi baru yang diminati adalah Aktuaria dan Ilmu Komputer. Menurut Ravik, hal tersebut sesuai dengan kebutuhan revolusi industri 4.0.

PTN yang paling banyak pendaftarnya untuk kategori sain dan teknologi adalah Universitas Brawijaya dengan jumlah pendaftar 59.995 orang, sedangkan untuk sosial humaniora adalah  Universitas Padjajaran dengan 58.827 pendaftar.

Institut Teknologi Bandung (ITB) menjadi kampus dengan nilai rerata tertinggi dengan jumlah 659,26 untuk kategori sain dan tekbnologi, dan 648,33 untuk kategori sosial humaniora.

Pengumuman SBMPTN dilakukan online pada laman http://pengumuman.sbmptn.ac.id hari ini Selasa 3 Juli 2018 mulai pukul 15.00 WIB atau selambat-lambatnya pukul 17.00 WIB.
Untuk melihat hasil seleksi, peserta diminta memasukkan nomor peserta dan tanggal lahir melalui laman tersebut.

Peserta yang lolos diharapkan segera melakukan pendaftaran ulang pada masing-masing PTN sesuai jadwal.

 

Pewarta: Indriani
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2018