Jakarta (ANTARA News) - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyampaikan rasa duka cita kepada keluarga korban KM Lestari Maju yang mengalami musibah di perairan Selayar Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan pada Selasa (3/7) pukul 14.30 WITA.

"Saya atas nama pribadi dan Menteri Perhubungan menyampaikan rasa duka cita yang mendalam kepada keluarga korban kecelakaan KM Lestari Maju yang mengalami musibah di saat melakukan pelayaran di perairan Selayar. Saya sangat menyesalkan terjadinya peristiwa ini dan prihatin atas musibah yang terjadi," katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu.

Tidak lama setelah kejadian Menhub memerintahkan Direktur Jenderal Perhubungan Laut untuk segera mengirimkan bantuan evakuasi kepada penumpang yang masih berada di lokasi kejadian.

"Segera setelah mendapatkan laporan awal atas peristiwa ini, saya perintahkan Dirjen Perhubungan Laut untuk mengerahkan bantuan untuk menolong korban serta melakukan evakuasi terhadap penumpang yang selamat. Dapat saya sampaikan bahwa Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai (PPLP) Surabaya mengerahkan satu unit kapal patroli KNP Chundamani untuk melakukan evakuasi penumpang yang masih berada di lokasi," katanya.

Budi menambahkan bahwa Kementerian Perhubungan akan mengusut kejadian ini serta mengambil tindakan sesuai hukum yang berlaku.

"Saya tidak menginginkan peristiwa seperti ini terulang kembali, untuk itu saya perintahkan ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi untuk melakukan investigasi penyebab musibah ini. Saya pun telah meminta kepada pihak Kepolisian untuk mengambil tindakan sesuai hukum yang berlaku," tegasnya.

Dalam meningkatkan keselamatan transportasi khususnya angkutan perairan, Menhub secara terus menerus melakukan evaluasi terhadap moda transportasi ini.

"Pascaperistiwa tenggelamnya KM Sinar Bangun di Danau Toba tiga minggu lalu, saya telah perintahkan kepada Dirjen Perhubungan Darat, Dirjen Perhubungan Laut dan Inspektur Jenderal untuk evaluasi secara menyeluruh angkutan perairan ini. Cukup sudah saudara kita menjadi korban dalam kecelakaan transportasi. Apa hasilnya dari evaluasi tersebut, akan saya sampaikan dalam waktu dekat ini," katanya.

Sementara itu dalam kesempatan terpisah Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Baitul Ihwan menyampaikan bahwa pada hari Rabu (4/7) Menteri Perhubungan akan menuju Selayar untuk mengunjungi korban.

"Menteri Perhubungan pada hari Rabu (4/7) besok bersama Ketua KNKT dan Dirjen Perhubungan Laut akan menemui keluarga korban meninggal dunia dan korban selamat yang masih dirawat di Rumah Sakit," jelas Ihwan.

Baca juga: Korban tewas KM Lestari Maju jadi 24 orang

Baca juga: TNI kerahkan SAR Lantamal bantu evakuasi korban KM Lestari

Pewarta: Juwita Trisna Rahayu
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2018