Bogor (ANTARA News) - Pemerintah Indonesia dan Federasi Serikat Mikronesia menandatangani nota kesepahaman bebas visa untuk paspor diplomatik dan dinas.

Penandatanganan nota kesepahaman ini dilakukan Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, dan Sekretaris Departemen Luar Negeri Federasi Serikat Mikronesia, Lorin S Robert, yang disaksikan Presiden Joko Widodo serta Presiden Mikronesia, Peter M Christian, di Istana Bogor, Jawa Barat, Rabu.

Selain penandatanganan kesepahaman bebas visa, Jokowi dalam pernyataan pers bersama mengatakan bahwa dalam pertemuan bilateral antara delegasi Indonesia dan Federasi Mikronesia juga menyepakati empat hal.

Pertama, sebagai sesama negara kepulauan Indonesia-Federasi Mikronesia sepakat meningkatkan kerja sama di bidang maritim dan peningkatan konektivitas antarpulau.

Kedua, di bidang ekonomi sepakat meningkatkan interaksi pengusaha dan mengundang pebisnis Federasi Mikronesia untuk berpartisipasi dalam Great Expo Indonesia 2018.

Ketiga, untuk meningkatkan hubungan, kedua negara Indonesia berniat menunjuk konsul kehormatan untuk Federasi Mikronesia.

Keempat, guna meningkatkan hubungan antarmasyarakat, Indonesia juga menawarkan beasiswa dan kerja sama pembangunan di berbagai bidang.

Pewarta: Joko Susilo
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2018