Jakarta (ANTARA News) - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan turun langsung untuk memantau pemasangan lokasi penyeberangan jalan berlampu lalu lintas (pelican crossing) di kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta Pusat, Senin.

Anies sempat mencoba menyeberang dengan ada dua orang petugas dari Dinas Perhubungan (Dishub) yang berjaga.

Pagi itu kawasan bundaran HI tidak terlalu padat kendaraan dan lancar. Sementara petugas yang memasang lampu masih sibuk mengerjakan tugasnya memasang lampu tanda lalu lintas.

Anies mengatakan Minggu malam pemasangan "pelican crossing" sudah dilakukan, hari ini penyelesainnya.

"Terus melihat manajemen perkembangannya, karena akan menempatkan petugas Dishub untuk membantu menyeberangkan," kata Gubernur.

Pemasangan pelican crossing bertujuan membiasakan pengendara agar lebih memperhatikan adanya lalu lintas pejalan kaki yang menyeberang.

Kedua, memudahkan para difabel.

"Masyarakat yang mau menyeberang atau menggunakan kursi roda "pelican crossing" adalah sesuatu yang baru, katanya.

"Makanya petugas hadir memberikan rasa aman, saat ini menyeberang di Indonesia itu menegangkan makanya akan ada petugas hadir 24 jam," kata Gubernur.

Pembuatan "pelican crossing" di bundaran HI untuk menggantikan sementara Jembatan Penyeberangan Jalan (JPO) yang akan diturunkan.  Penurunan JPO tersebut agar tidak menghalangi patung Selamat Datang yang dibuat saat Asian Games 1962. Serta mempersiapkan untuk Asian Games yang dimulai pada 18 Agustus 2018.

Baca juga: Anies: Petugas akan siaga di "Pelican Crossing"

Pewarta: Susylo Asmalyah
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2018