Kami berharap penghargaan ini membangun semangat pemimpin daerah dan perusahaan untuk menjamin warga dan seluruh pekerja mendapatkan perlindungan..
Jakarta (ANTARA News) - BPJS Ketenagakerjaan memberi penghargaan Paritrana Award dan hadiah mobil Innova kepada tiga pemerintah provinsi yakni DKI Jakarta, Jawa Tengah dan Jawa Timur, yang dinilai peduli dalam menjalankan amanah UU tentang Jaminan Sosial Ketenagakerjaan.

Penyelenggaraan penghargaan ini diinisiasi oleh Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) RI bersama dengan BPJS Ketenagakerjaan dan diserahkan di Istana Wakil Presiden di Jakarta, Selasa.

Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla, menyerahkan secara langsung penghargaan dengan disaksikan Menteri Ketenagakerjaan, Hanif Dhakiri, dan Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan, Agus Susanto.

Agus mengatakan penghargaan ini adalah apresiasi kepada pemenang atas kepeduliannya dalam menjalankan amanah undang-undang dalam pelaksanaan jaminan sosial ketenagakerjaan di wilayahnya masing-masing.

Bentuk apresiasi yang diberikan berupa Piala Paritrana yang berarti perlindungan dalam bahasa Sansekerta. Piala didesain oleh seniman I Nyoman Nuarta.

Terdapat lima kategori pemenang yaitu, Pemerintah Provinsi Terbaik, Pemerintah Kabupaten/Kota Terbaik, Perusahaan Besar Terbaik, Perusahaan Menengah Terbaik dan Usaha Kecil Mikro (UKM) Terbaik.

Untuk Pemerintah Provinsi Terbaik diraih oleh Provinsi Jawa Tengah, Provinsi Jawa Timur, dan Provinsi DKI Jakarta yang masing-masing akan menerima Piala Paritrana atau Piala Perlindungan dan satu unit Mobil Toyota Innova.

Sementara untuk kategori Pemerintah Kabupaten/Kota diraih oleh Kota Surakarta, Kota Jember, dan Kota Serang yang masing-masing juga akan menerima piala ditambah dengan satu unit Mobil Toyota Avanza.

Kategori Perusahaan Besar diraih oleh PT. Bank Cetral Asia, Tbk, PT Chevron Pacific Indonesia, PT Bank Pembangunan Daerah dan untuk Kategori Perusahaan Menengah diraih oleh PT. Nippon Indosari Corporindo, Tbk. PT. Aneka Tambang UPN Gebe, dan PT Multijasa Camera yang dimana pemenang dari kedua kategori ini akan menerima hadiah berupa piala serupa ditambah dengan logam mulia.

Untuk jategori UKM diraih oleh 34 perusahaan terbaik peserta BPJS Ketenagakerjaan di seluruh Indonesia dan mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp30 Juta.

"Kami berharap penghargaan ini membangun semangat pemimpin daerah dan perusahaan untuk menjamin warga dan seluruh pekerja mendapatkan perlindungan, khususnya perlindungan paripurna dari BPJS Ketenagakerjaan," ujar Agus.

Dalam kesempatan yang sama Direktur Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan, E. Ilyas Lubis. mengatakan bahwa para pemenang dinilai berdasarkan cakupan kepesertaan, aspek regulasi, dan inisiatif terbaik.

Mereka dinilai langsung oleh tim penilai yang dibentuk secara independen yang terdiri dari beberapa unsur yaitu ahli jaminan sosial, ahli kebijakan publik, akademisi, perwakilan pengusaha, perwakilan pekerja, dan BPJS Ketenagakerjaan. 

Baca juga: 14 juta pekerja rentan butuh perlindungan
Baca juga: BPJS-TK perkenalkan aplikasi BPJSTKU untukk perluas kepesertaan

 

Pewarta: Erafzon Saptiyulda
Editor: Arief Mujayatno
Copyright © ANTARA 2018