Padang (ANTARA News) - Sebanyak 40 tim dayung dari berbagai daerah dan negara mengikuti kejuaraan internasional perahu naga di Padang, Sumatera Barat, 2-5 Agustus 2018.



"Terdapat tujuh negara termasuk Indonesia yang ikut dalam kejuaraan rutin di Padang tersebut," kata Ketua Panitia Teknis Kejuaraan Maidison di Padang, Kamis.



Dia menyebutkan enam negara lain yang ikut yakni Jepang, Taiwan, Malaysia, Hongkong, Vietnam, dan Jerman.



Namun, yang bertanding dalam enam nomor lomba yakni 22 putra, 12 putra, 12 putri, 22 campuran, 12 campuran, dan antarbangsa hanya Jepang, Taiwan, Malaysia, dan Hongkong.



Sedangkan Vietnam dan Jerman akan ikut pada pertandingan eksibisi pada hari terakhir pelaksanaan.



Untuk tim dari luar Sumbar diikuti oleh 10 tim antara lain Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) Indragiri Hilir, DKI Jakarta, Ogan Ilir Sumatera Selatan, dan Laskar Narasinga Indragiri Hulu Riau.



Sedangkan dari tim dalam provinsi diikuti delapan tim antara lain PODSI Solok Selatan, Bukittinggi, Padang, Sijunjung, dan Provinsi Sumbar.



Selain itu, tim dari kesatuan keamanan juga ikut sebanyak 13 tim antara lain dari Korem 032 Wirabraja, Polda Sumbar, Polda Padang, dan Kolinlamil Jakarta.



Total ada tujuh nomor dalam pertandingan tersebut yakni 14 tim dalam nomor 22 putra, 29 tim 12 putra, 10 tim dalam 12 putri, 10 tim nomor 22 campuran, 14 tim nomor 12 campuran, 10 tim nomor antar kesatuan, dan tujuh tim untuk nomor antar bangsa.



Dia menambahkan kejuaraan ini menjadi yang ke 16 kali digelar di Padang dan disesuaikan dengan kegiatan penyemarak Hari Jadi kota Padang setiap 7 Agustus.



Sejak 16 tahun lalu tersebut, jumlah peserta terus meningkat meskipun demikian hal ini juga bergantung pada kedekatan jadwal di kejuaraan lain.



Khusus bagi Sumbar kata Maidison yang merupakan tokoh dalam bidang olahraga air nasional, adanya kejuaraan ini telah mendorong pedayung perahu naga berprestasi di tingkat nasional dan internasional.



Pada kejuaraan ini setiap tahunnya Sumbar mampu menyabet tiga hingga empat emas, dan diharapkan tahun ini dapat meraih lebih baik.



Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Padang Medi Iswandi mengatakan kejuaraan perahu naga internasional ini juga bagian dari agenda pariwisata kota selain ajang olahraga.



Pada dasarnya kata dia selain menjadi kejuaraan olahraga, kehadiran peserta asing juga diharapkan mengundang masyarakat luar negeri lain datang ke Padang.



Setidaknya dengan kehadiran peserta tersebut nantinya dapat mempromosikan pariwisata di Padang. 

Pewarta: M. R. Denya Utama
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018