Dalam mengurus negara perlu kemampuan memutuskan masalah dengan cepat dan tepat. Gus Rommy menguasai itu
Jakarta (ANTARA News) - Ketua Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) Jawa Timur Mas`ud Said menyebut Ketua Umum PPP M Romahurmuziy adalah sosok yang tepat menjadi calon wakil presiden pendamping Joko Widodo.

Menurut Mas`ud, Rommy, sapaan akrab Romahurmuziy, bukan hanya mewakili kelompok Islam moderat, melainkan juga memiliki kemampuan teknokrasi.

"Dalam mengurus negara perlu kemampuan memutuskan masalah dengan cepat dan tepat. Gus Rommy menguasai itu," kata Mas`ud dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat (3/8).

Guru Besar Unisma Malang itu meyakini Rommy akan mendapat dukungan luas dari kalangan Islam, apalagi ia termasuk keturunan "darah biru" NU, keturunan pendiri NU KH Wahab Hasbullah.

Baca juga: Jokowi sebut Cak Imin dan Romy sedang bersaing

Ia berpendapat bahwa kedekatan hubungan antara Rommy dan Jokowi juga menjadi faktor yang memungkinkan keduanya bisa bekerja sama dengan baik.

"Gus Rommy mempunyai kedekatan yang luar biasa dengan Jokowi. Namun, akhirnya yang menentukan adalah Jokowi sendiri, tentunya dengan mempertimbangkan beberapa aspek," kata Mas`ud.

Selain itu, tambah Mas`ud, faktor restu dari partai-partai anggota koalisi pengusung Jokowi pada Pilpres 2019 juga berpengaruh.

"Bagaimanapun semua partai harus sepakat pada nama yang akan dipilih Jokowi sebagai cawapres," katanya.

Baca juga: Pengamat: Romahurmuziy layak dipertimbangkan cawapres Jokowi

Pewarta: Sigit Pinardi
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2018