Pembagian kopi gratis ini merupakan bagian dari Festival Kopi dan Teh Asia
Jakarta, 8/8 (ANTARA News) - Pengelola Taman Impian Jaya Ancol Jakarta akan menyediakan sebanyak 2018 minuman kopi gratis untuk menyemarakkan peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia.

"Pembagian kopi gratis ini merupakan bagian dari Festival Kopi dan Teh Asia. Agenda ini pertama kali kami selenggarakan untuk menyambut HUT RI," kata Vice President Taman Impian Jaya Ancol Sunarto di Jakarta, Rabu.

Penyelenggaraan festival tersebut, kata Sunarto, juga berkaitan dengan akan digelarnya perhelatan olah raga internasional Asian Games di Jakarta dan Palembang pada 18 Agustus-2 September 2018.

Melalui festival kopi dan teh tersebut, diharapkan bisa mengenalkan produk minuman lokal kepada para pengunjung asing baik atlet maupun wisatawan yang datang ke gelanggang atau venue pertandingan cabang olahraga jetski atau layar di Ancol.

"Melalui festival ini kita naikkan muatan lokal, kearifan lokal, semangatnya itu, dan ini acaranya gratis. Kopi kita kan sekarang sedang naik daun, diharapkan bisa mendorong kenaikan ekonomi baru," pungkas Sunarto menambahkan.

Selain membagikan ribuan kopi secara cuma-cuma, festival yang akan berlangsung pada 16-26 Agustus di Monumen Ancol ini juga akan menampilkan bazar kopi dan teh, parade kocok teh talua, pertunjukan musik akustik langsung, hingga lomba barista.

Beraneka ragam kegiatan khusus yang menjadi kebiasaan dari Ancol untuk memeriahkan hari kemerdekaan juga akan dilaksanakan seperti pertunjukan musik, karnaval pinggir laut, hingga pengibaran bendera Merah Putih di bawah air.

Ancol juga akan melaksanakan lomba panjat pinang kolosal dengan menggunakan sebanyak 188 batang pohon pinang dengan nilai hadiah mencapai ratusan juta rupiah.

Baca juga: Festival Kopi warnai penutupan kemitraan pasifik 2018


 

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: M. Arifin Siga
Copyright © ANTARA 2018