Jakarta (ANTARA News) - Warga Jakarta dan sekitarnya memanfaatkan libur HUT Kemerdekaan ke-73 Indonesia dengan berwisata ke kawasan Ancol, Jakarta Utara.

"Toko tempat kami bekerja tutup. Majikan kami membiayai karyawannya untuk berwisata ke Ancol," kata Santoso, pegawai sebuah toko bangunan di Ciputat, Tangerang Selatan, saat ditemui di Pantai Festival, Ancol, Jakarta Utara, Jumat.

Santoso mengatakan terdapat 15 pegawai yang mengikuti wisata ke Ancol. Majikan mereka membiayai transportasi dan tiket masuk kawasan Ancol. Mereka kemudian memilih menggelar tikar di Pantai Festival dan membuka bekal yang mereka bawa.

Putri Ayu, warga Kebayoran, juga memilih mengisi libur hari kemerdekaan dengan berwisata ke kawasan Ancol. Dia bersama suami dan anaknya datang ke Ancol setelah mengikuti upacara bendera di kantornya.

"Kami memilih Ancol karena tidak terlalu jauh lokasinya dari kantor di Jakarta Pusat. Selain itu, saya juga ingin mengajak anak saya naik kereta gantung," katanya.

Putri naik kereta gantung dari Stasiun Pantai Festival dengan harga tiket Rp65 ribu. Melalui kereta gantung, dia bersama keluarganya menikmati keindahan kawasan Ancol dari ketinggian.

Salah satu sarana wisata lain di kawasan Ancol yang bisa dinikmati pengunjung adalah perahu wisata. Sidik, salah satu pemilik perahu wisata, mengatakan biaya naik perahunya Rp50 ribu untuk dua orang.

"Tapi menunggu perahunya penuh dulu. Kalau mau borongan, Rp150 ribu langsung jalan," jelasnya.

Baca juga: Susi: Rayakan kemerdekaan dengan jaga laut
Baca juga: Tiang bendera bambu di Kampung Akuarium dipasang dini hari

Pewarta: Dewanto Samodro
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2018