Jakarta, 18/8 (ANTARA News) - Kelompok orkestra Orquesta de Camara de Siero (OCAS) dari kota Asturias, Spanyol, berkolaborasi dengan Riau Rhythm Chambers dalam Konser Penutup Vinculos 2018 yang akan digelar di Jakarta.

"Dengan tema menebarkan semangat solidaritas, perdamaian, persatuan dalam kemajemukan, kegiatan Vinculos untuk Indonesia 2018 yang bertepatan dengan peringatan 60 tahun hubungan diplomatik Republik Indonesia dan Kerajaan Spanyol diakhiri di Jakarta," kata Direktur Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Hilmar Farid dalam konferensi pers Orkestra OCAS Menggelar Konser Penutup Vinculos untuk Indonesia di Jakarta, Sabtu.

Dalam konser penutup itu, OCAS akan membawakan persembahan musik bersama Riau Rhythm Chambers yang menyajikan komposisi-komposisi hasil kerja sama selama lawatan Ocas di Maluku, Sulawesi Tengah dan Riau.

Konser itu akan rencananya akan diadakan di Teater Besar Taman Ismail Marzuki (TIM) pada Senin (20/8), setelah selama tiga pekan kelompok Orkestra OCAS berkunjung dan bermusik ke Maluku, Sulawesi Tengah dan Riau.

Hilmar memuji rangkaian Konser Vinculos untuk Indonesia 2018 yang dilaksanakan dengan penuh cinta dan antusiasme oleh OCAS serta disambut dengan penuh kehangatan dan persahabatan oleh masyarakat Indonesia.

Direktur sekaligus konduktor musik orkestra OCAS Manuel Angel Paz Vasquez mengatakan penampilan dan kerja sama mereka dengan berbagai pihak sepanjang penyelenggaraan Konser Vinculos untu Indonesia 2018 merupakan pengalaman paling berkesan dalam hidup.

Sejak tiba di Indonesia pada 29 Juli 2018, kelompok orkestra asal Spanyol ini telah melawat ke Ambon, Maluku, Kota Palu, Sigi dan Parigi Moutong di Sulawesi Tengah dan Kota Pekanbaru di Riau.

Dalam kunjungan itu, OCAS telah menyajikan penampilan musik dan berkolaborasi dengan Kelompok Musik Tradisional Kakoya, Tahuri dari Ambon, Palu Percussion dari Sulawesi Tengah dan Riau Rhythm Chambers bersama musisi Tahuri Hatumuri.

Dia menuturkan lewat lawatan musik Vinculos untuk Indonesia 2018, maka hubungan persahabatan antara Spanyol dan Indonesia diharapkan semakin erat.

Baca juga: Konser Vinculos peringati hubungan Indonesia-Spanyol

Baca juga: Orkestra Ocas tampil di Palu Salonde Percussion


Konser penutup Vinculos Untuk Indonesia 2018 akan membawakan sejumlah lagu hasil kerjasama selama kelompok orkestra OCAS melawat di Indonesia.

Dari Maluku akan dibawakan tiga lagu, yaitu Goro-gorone, Ayo Mama dan Huhate. Sementara dari Sulawesi Tengah ada dua komposisi yaitu Sampesuvu Road dan Posisani.

Orkestra OCAS juga akan membawakan dua lagu berlatar budaya Melayu Riau yang merupakan gubahan dari Riau Rhythm Chambers berjudul Satelite of Zapin dan Sound of Suvarnadvipa.

Pemimpin Riau Rhythm Chambers Rino Dezapaty mengatakan komposisi Satelite of Zapin yang ditulis pada 2003 berkisah tentang musik Zapin Melayu yang tumbuh dan berkembang dari dalam istana Kerajaan Siak Sri Inderapura. Dengan gaya kontemporer, dirinya ingin menduniakan musik Zapin.

Sementara lagu Sound of Suvarnadvipa yang ditulis pada 2014 menceritakan tentang proto melayu, kalimat yang tepat untuk menandakan fase sejarah Hindia kecil yang ditulis Hit Tsing, seorang pendeta dari Kanton yang mengembara dan menemukan Pulau Sumatera.

Baca juga: Konser Vinculos dari Spanyol ramaikan Vuladongga Indonesiana

Baca juga: Orkestra OCAS kejutkan warga Ambon


 

Pewarta: Martha Herlinawati S
Editor: Virna P Setyorini
Copyright © ANTARA 2018