Jakarta (ANTARA News) - Global Qurban Aksi Cepat Tanggap (ACT) akan berbagi kebahagiaan dengan masyarakat Lombok.

"Meski di tengah kondisi sulit pascabencana, Global Qurban ingin berbagi kebahagiaan di hari raya dengan menikmati daging kurban," kata Direktur Global Humanity Response ACT Bambang Triyono, dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa.

Untuk ratusan ribu pengungsi yang memadati titik-titik pengungsian di Lombok, ACT akan menyembelih ribuan hewan kurban setara kambing, dan akan dinikmati bersama masyarakat Lombok. 

Proses penyembelihan kurban akan dilaksanakan di setiap kabupaten/kota di Lombok.

Di Kabupaten Lombok Barat, pemotongan akan dipusatkan di Kecamatan Gunung Sari dan Lingsar. Untuk wilayah Kabupaten Lombok Utara, yang menjadi salah satu wilayah terdampak gempa, penyembelihan dilaksanakan di Tanjung dan Kayangan.

Walaupun dipusatkan di Tanjung dan Kayangan, pedistribusian hewan kurban akan dilakukan pula ke Kecamatan Pemenang, Gangga, dan Kayangan. 

Kemudian pemotongan hewan juga dilaksanakan di Lombok Tengah dan Mataram.

Untuk Lombok Timur yang memiliki kawasan wilayah yang luas, penyembelihan akan dibagi menjadi dua. Lombok Timur bagian utara akan dipusatkan di Sembalun, sementara Lombok Timur bagian Selatan akan melaksanakan pemotongan bergabung dengan Lombok Tengah.

Setelah penyembelihan, hewan kurban dari Global Qurban-ACT ini akan didistribusikan ke penerima manfaat di masing-masing desa dan dusun di Lombok. Tak hanya dalam bentuk mentah, masyarakat juga akan menikmati daging hasil olahan Dapur Qurban dan dimakan bersama-sama.

"Dapur Qurban siap mengolah sebagian daging kurban menjadi panganan siap santap khas Hari Raya Idul Adha untuk para pengungsi," pungkas Bambang.

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2018