Cibinong, Jawa Barat (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo memaknai perayaan Idul Adha 1439 Hijriah sebagai momen untuk berbagi dan membantu, terutama untuk masyarakat yang menjadi koban bencana gempa bumi Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

"Seluruh masyarakat semuanya berbagi, mau berbagi kepada sesama, terutama untuk masyarakat yang menghadapi musibah di NTB," kata Presiden usai melaksanakan Shalat Idul Adha di Lapangan Tegar Beriman Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu.

Kepala Negara juga mengajak masyarakat Indonesia agar menyisihkan sedikit hartanya untuk membatu para korban bencana gempa di Lombok.

"Dan mengajak kita semuanya di Hari Raya Idul Adha ini sedikit-sedikit semuanya mau membantu saudara kita yang terkena musibah di Lombok, di NTB pada umumnya," kata Jokowi.

Presiden Joko Widodo telah melaksanakan Shalat Idul Adha di Lapangan Tegar Beriman Cibinong, Kabupaten Bogor.

Ketika ditanya alasan melakukan Shalat Idul Adha di Cibinong, Kepala Negara mengatakan bahwa dirinya tinggal di Bogor sehingga sewajarnya menunaikan di Lapangan Tegar Beriman ini.

Kepala Negara tiba di Lapangan Tegar Beriman sekitar pukul 06.04 WIB didampingi Koordinator Staf Khusus Presiden Teten Masduki.

Kedatangan Presiden disambut Pejabat Gubernur Jawa Barat Muhammad Iriawan dan Bupati Bogor Nurhayanti dan mengantarnya hingga shaf terdepan.

Shalat Idul Adha di Lapangan Tegar Beriman ini diimami oleh KH Zainal Abidin dan khotbah oleh khatib DR KH Muhammad Suhendra.

Usai menjalankan Shalat Idul Adha, Presiden menyerahkan hewan korban berupa sapi jenis Brahman berbobot 1,3 ton kepada pengurus Masjid Baitul Faizin Cibinong.

Baca juga: Presiden shalat Idul Adha di Cibinong

Baca juga: Idul Adha, Zohri telepon keluarga di Lombok

Baca juga: Pengungsi bersama relawan gempa sembelih hewan kurban bersama

 

Pewarta: Joko Susilo
Editor: Virna P Setyorini
Copyright © ANTARA 2018