Jakarta (ANTARA News) - Pasangan perenang China, Jiang Tingting dan Jiang Wenwen, berhasil mempertahankan gelar juara renang indah nomor ganda putri Asian Games.

Medali emas dimenangi Tingting dan Wenwen setelah tampil dalam final duet free routine di Stadion Akuatik GBK, Jakarta, Selasa, dengan poin 94,1000.

Poin tersebut menambah perolehan kedua saudara kembar itu menjadi total 186,5101 setelah pada Senin (27/8) tampil dalam final duet technical routine dengan perolehan poin 92,4101.

"Kami puas dengan penampilan kami hari ini," kata Tingting kepada wartawan.

Ini adalah kali ketiga Tingting dan Wenwen membawa pulang medali emas dalam ajang Asian Games, setelah sebelumnya mereka memperoleh emas pada Asian Games 2006 di Doha dan 2010 di Guangzhou. Sementara medali emas renang indah nomor ganda putri pada Asian Games 2014 Incheon juga dikantongi China. 

Kedua atlet berusia 31 tahun itu mempersembahkan penampilan apik sebagai wakil China setelah berlatih secara intensif selama dua bulan sebelum Asian Games tahun ini.

Sebagai perenang senior, keduanya merasa unggul dalam hal pengalaman dan kualitas, terutama saat menampilkan koreografi angsa yang menjadi andalan mereka dalam final duet free routine hari ini.

"Kualitas diri dan ekspresi kami membuat penampilan kami lebih menarik dibandingkan para perenang muda," tutur Wenwen.

Baca juga: Ganda putri China unggul di cabang renang indah

Berhasil mendapatkan poin tertinggi dari 15 orang juri, Tingting dan Wenwen juga merasa bangga karena berhasil mengalahkan Jepang yang dianggap sebagai kompetitor terberat mereka.

"Adalah kewajiban kami untuk mengalahkan Jepang," kata Tingting.

Pasangan Yukiko Inui dan Megumu Yoshida dari Jepang harus puas berada di posisi kedua.

Keduanya mendapatkan medali perak dengan perolehan poin total 182,3363.

Namun prestasi ini juga tidak bisa diremehkan mengingat Yukiko dan Megumu baru dipasangkan selama dua bulan terakhir, untuk menghadapi juara Tingting dan Wenwen---si kembar yang pernah memenangi medali emas free routine combination pada Kejuaraan Dunia Renang 2017 Budapest.

Baca juga: Atlet lain waspadai ganda putri China

Pewarta: Yashinta Difa Pramudyani
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2018