Pontianak (ANTARA News) - Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat mendapat 74 formasi CPNS 2018 dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB).

Menurut  Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Bengkayang, Kalimantan Barat, Gerardus, dari total formasi yang ada, kuota guru masih mendominasi. Setelah guru baru disusul formasi lainnya seperti tenaga kesehatan dan tenaga teknis (infrastruktur).

 "Khusus untuk formasi guru Kategori 2 (K2) yang dibutuhkan lima orang. Itupun dibatasi usia dan pendidikan. Usia paling tinggi 35 tahun pada Agustus 2018, dan pendidikan minimal S1 tamatan 2013 Desember. Artinya yang baru-baru belum bisa," ujarnya saat dihubungi di Bengkayang, Senin.

Ia menjelaskan formasi yang diajukan phaknya yakni  125 formasi. Pengajuan yang ada itu untuk menutupi jumlah pegawai yang pensiun tahun ini sebanyak 94 orang.

"Hanya saja hasil yang diterima dari Kemenpan-RB hanya 74 formasi. Jatah yang ada tersebut juga sudah termasuk formasi untuk penyandang disabilitas dan lulusan cumlaude. Itu ada persentase dan aturan dari Kemenpan," papar dia.

Untuk penerimaan CPNS 2018 itu diadakan dua tahap seleksi, yakni Seleksi Kemampuan Dasar (SKD) dan Seleksi Kemampuan Bidang (SKB).

 "Untuk pelamar dalam daerah Indeks Prestasi Kumulatif yakni minimal 2,50, dan untuk di luar daerah 3,00," papar dia.

Baca juga: Komplotan penipuan CPNS di Semarang diringkus
Baca juga: Menkumham minta CPNS memberikan pengabdian terbaik
 

Pewarta: Dedi
Editor: Dewanti Lestari
Copyright © ANTARA 2018