....Bagi saya lebih baik tidak ada liga sepakbola jika harus mengorbankan nyawa manusia. Hapunten."
Jakarta (ANTARA News) - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan serta Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyatakan kekecewaan dan duka mendalam atas tragedi pengeroyokan suporter klub sepak bola Persija yang berujung pada kematian di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Jawa Barat.

"Kabar meninggalnya anak muda selalu menyesakkan. Hari ini jadi hari duka cita yang amat dalam. Marah, duka dan kecewa! Kekerasan itu menyesakkan," kata Anies dalam cuitan di media sosial Twitter pada Minggu malam.

Seorang Jakmania bernama Haringga Sirila tewas dikeroyok oknum pendukung klub sepak bola Persib Bandung pada Minggu siang.

Anies menyampaikan rasa duka cita yang mendalam kepada keluarga yang ditinggalkan.

Gubernur DKI Jakarta itu menyatakan pemerintah provinsi DKI Jakarta akan menyiapkan dukungan yang diperlukan agar pengurusan jenazah berjalan lancar.

"Saudara-saudara semua, kita memang berduka, kita marah, tapi kita tunjukan bahwa kita beradab, kita menjunjung tinggi hukum," kata Anies menambahkan penyelidikan dan penindakan tegas diserahkan sepenuhnya kepada aparat penegak hukum.

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pun menyampaikan rasa kecewanya yang mendalam atas insiden berdarah tersebut.

"Saya sangat berduka cita atas meninggalnya suporter Persija atas nama Haringga Sirilla, warga Cengkareng tadi siang. Sangat kecewa dan menyesalkan tindakan biadab oknum Bobotoh yang menodai kemenangan tim Persib yang di dapat dengan susah payah," tegas Kang Emil dalam unggahan di media sosial Instagram.

Ridwan mengunggah gambar tulisan "turut berduka cita" berwarna putih dengan latar berwarna hitam.

Gubernur Jabar itu meminta maaf kepada keluarga korban dan para pendukung Persija.

Dia meminta kepolisian untuk menangkap dan menghukum para oknum yang telah melakukan tindak kekerasan berujung kematian itu.

"Semoga peristiwa ini menjadi pembelajaran untuk kita semua untuk tidak melakukan fanatisme berlebihan, karena Merah Putih dan Indonesia Raya kita masih sama. Bagi saya lebih baik tidak ada liga sepakbola jika harus mengorbankan nyawa manusia. Hapunten," demikian Kang Emil menutup keterangannya di Instagram.

Sejumlah warganet pun merespon cuitan dan unggahan para gubernur itu.

"Jangan ada lagi pertandingan Persija vs Persib di Jakarta atau Bandung. Buang ke luar Jawa, tanpa penonton!" demikian cuitan dari @ss_syahrilsidik mengomentari Anies.

Selain itu, sejumlah pendukung Persib juga mencela insiden yang dilakukan oleh oknum tersebut.

"Innalilahiwainailahirajiun turut berduka cita untuk korban ,saya baru tau ini begitu sampai rumah buka 'ig' padahal tadi nonton ke stadion tapi baru tau klo ada kerusuhan seperti itu dan ada korban hingga meninggal, semoga pelaku di beri hukuman yang setimpal," demikian ujar @tiarard di kolom komentar unggahan Instagram Ridwan Kamil.

Insiden pengeroyokan terjadi saat laga Persib kontra Persija akan dilaksanakan di GBLA, Bandung.

Polisi juga sudah menahan 6 orang yang diduga terkait aksi pengeroyokan terhadap Haringga dan terus mendalami tindakan kriminal tersebut.

Pewarta: Bayu Prasetyo
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2018