Jakarta (ANTARA News) - Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita mengunjungi kompleks Stadion Gelora Bung Karno (GBK) di Jakarta untuk melihat arena pertandingan dan fasilitasnya, memastikan kondisinya nyaman dan aman untuk atlet maupun penyandang disabilitas.

"APG adalah momentum merayakan kesetaraan bagi penyandang disabilitas. Di venue tampak sudah disiapkan tambahan-tambahan fasilitas untuk mereka. Di antaranya ramp, toilet portable disabilitas, tribun penonton disabilitas," katanya usai mengunjungi arena panahan di Kompleks Stadion GBK, Jumat.

Menurut siaran pers kementerian, Agus pertama meninjau jalur pemandu yang berada tak jauh dari Pintu 6 GBK. Ia mengajak seorang penyandang disabilitas berjalan bersama menyusuri jalur pemandu hingga masuk ke area stadion. Sesekali ia membantu mengarahkan dan memberi panduan.

Dia selanjutnya melihat kondisi arena badminton di Istora. Bersama Ketua Umum INAPGOC Raja Sapta Oktohari, Menteri Sosial melihat ruang ganti atlet dan toilet untuk penyandang disabilitas selain mengecek penyiapan area penonton penyandang disabilitas yang menggunakan kursi roda.

Bersama para penyandang disabilitas, Menteri Sosial menelusuri setiap sudut Istora dan menampung masukan-masukan untuk memperbaiki arena menjelang pertandingan olahraga terbesar kedua di dunia bagi penyandang disabilitas setelah Paralympic ini.

Usai meninjau arena badminton, ia menuju ke arena panahan, tempat dia meninjau ramp yang menghubungkan lantai dasar ke area tribun dan memeriksa kelengkapan fasilitas di dalam toilet untuk penonton disabilitas.

"Toilet untuk penyandang disabilitas disediakan dengan menyesuaikan kapasitas penonton, jadi setiap venue tidak sama jumlahnya," katanya.

Ia juga mengingatkan Ketua Umum INAPGOC untuk menempatkan petugas penolong dan volunter di setiap titik lokasi pertandingan, toilet untuk disabilitas, maupun di area GBK.

Baca juga: Presiden Jokowi tinjau latihan atlet Asian Para Games
Baca juga: Para sukarelawan bersemangat sukseskan Asian Para Games

 

Pewarta: Desi Purnamawati
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2018