Yang saya tahu, selama mengikuti agenda Sidang Umum PBB, Pak JK bertemu dengan ...
Jakarta (ANTARA News) - Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu diberitakan bertemu secara rahasia di New York, Amerika Serikat, di sela-sela Sidang Umum Tahunan PBB.

Terkait akan hal itu, Juru Bicara Wapres Husain Abdullah mengatakan belum mengetahui secara pasti informasi pertemuan antara Wapres Jusuf Kalla dan PM Netanyahu.

"Yang saya tahu, selama mengikuti agenda Sidang Umum PBB, Pak JK bertemu dengan Ratu Maxima, selain itu juga bertemu Wapres AS. (Pertemuan) Dengan Netanyahu saya belum dapat pastinya, karena saat di PBB hampir semua pimpinan pemerintahan hadir, saling bertemu satu sama lain," kata Husain dalam pesan singkat yang diterima di Jakarta, Senin.

Husain, yang turut mendampingi Wapres JK di Sidang Umum PBB, menambahkan dalam pertemuan informal dengan sejumlah kepala negara tersebut tidak menutup kemungkinan Wapres bertemu dengan PM Netanyahu secara tidak sengaja.

Baca juga: Wapres: Pidato Trump di Sidang Umum PBB lebih tenang

Wakil Presiden M Jusuf Kalla menikmati Central oark di Kota New York, Amerika Serikat. (27/9/2018) (Sekretariat Wakil Presiden)


"Tentu saja bisa terjadi mungkin sekedar salaman atau berbincang informal di sela-sela agenda Sidang Umum lalu dibesar-besarkan media Israel. Jadi saya belum jelas betul," ujar Husain.

Sementara itu, media daring The Jerusalem Post mengunggah sebuah berita berjudul "Netanyahu Met with Indonesian Vice President". Pertemuan tersebut sedianya dilakukan secara tertutup, namun media Radio Tentara Israel melaporkan pertemuan tersebut.

"Perdana Menteri Benjamin Netanyahu melakukan pertemuan rahasia dengan Wakil Presiden Indonesia di New York," demikian diberitakan The Jerusalem Post, Minggu (30/9).

Dalam pemberitaan itu disebutkan Indonesia memang tidak memiliki hubungan diplomatik secara resmi dengan Israel, namun kedua negara memiliki kerja sama perdagangan dan pariwisata. Pemerintah Israel pun belum memberikan pernyataan terkait berita pertemuan "rahasia" tersebut.

Baca juga: Wapres serukan dunia tak lagi mencari superhero
Baca juga: Wapres berbicara dalam sesi debat SU PBB ke-73 Kamis sore


Pewarta: Fransiska Ninditya
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2018