Pekanbaru (ANTARA News) - Ustaz Abdul Somad (UAS) bersama Kepala Kepolisian Daerah Riau Inspektur Jenderal Polisi Widodo Eko Prihastopo melaksanakan sholat gaib untuk korban gempa dan tsunami di Provinsi Sulawesi Tengah.

Sholat gaib yang turut diikuti oleh ratusan personel kepolisian tersebut digelar sebelum pengajian dan doa bersama dalam rangka Pemilihan Umum 2019 Aman Damai dan Sejuk bersama Ustaz Abdul Somad di Masjid Mutmainah, Kota Pekanbaru, Senin.

Ustaz kondang yang akrab disapa UAS tersebut langsung memimpin jalannya shalat ghaib. "Sholat ini sama dengan shalat jenazah. Bedanya jenazah tak ada," kata UAS memberikan pengarahan sebelum shalat digelar.

Tampak Kapolda Riau dan seluruh jajaran termasuk Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Susanto khusus melaksanakan shalat ghaib dengan seragam dinas kepolisian yang mereka kenakan.

Kita berdoa bersama untuk korban gempa dan tsunami agar mereka diberikan ketabahan dan kesabaran saat mendapat musibah, kata UAS usai shalat ghaib.

Gempa berkekuatan magnitudo 7,4 mengguncang Donggala, Sulawesi Tengah, Jumat (28/9) sore, yang juga mengakibatkan tsunami di Kota Palu. Data BNPB terakhir mencatat lebih dari 1.200 jiwa melayang akibat bencana tersebut.

Sementara itu, selain menggelar shalat ghaib, Ustaz yang aktif menyebarkan dakwah melalui media sosial itu meminta masyarakat untuk mengulurkan bantuan membantu korban bencana tersebut.

UAS yang juga dosen Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Pekanbaru itu berharap kebersamaan dengan kepolisian mendapat ridho dari Allah SWT.

Sementara Kepala Bidang (Kabid) Humas Polda Riau Kombes Pol Sunarto mengatakan, pengajian dan doa bersama ini bertujuan untuk menjaga situasi kondusif, mempererat ukhwah islamiyah dan kerukunan di tengah situasi politik nasional yang dinamis.


Baca juga: Dompet Dhuafa buka posko induk di Palu
Baca juga: Puluhan warga Sulteng tiba di asrama haji Makassar



 

Pewarta: Anggi Romadhoni
Editor: Dewanti Lestari
Copyright © ANTARA 2018