semacam mekanisme untuk bagaimana menampung kalau dalam bentuk uang ...
Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah Indonesia membentuk mekanisme pengelolaan bantuan bencana gempa bumi di Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng).

"Jadi sekarang kita membuat semacam mekanisme untuk bagaimana menampung kalau dia dalam bentuk uang," kata Menteri Keuangan Sri Mulyani usai mendampingi Presiden Joko Widodo menerima pimpinan BPK RI di Istana Negara, Jakarta, Kamis.

Menurut Sri, pemerintah berencana memanfaatkan dana bantuan itu untuk memulihkan dan membangun fasilitas dan perumahan di sejumlah kawasan di Sulawesi Tengah yang terdampak gempa bumi dan tsunami.

Sri menjelaskan terdapat beberapa pihak, termasuk dari negara sahabat, yang menyampaikan keinginannya memberi bantuan dalam bentuk dana.

Baca juga: Empat negara tawarkan bantuan pesawat Hercules

Dia menambahkan hingga Desember 2018, upaya yang dilakukan dalam masih pada pencarian dan penyelamatan korban.

"Presiden dan Wakil Presiden akan terus mengontrol berbagai langkah kedaruratan ini karena fokusnya adalah menyelamatkan jiwa dan mengembalikan aktivitas secepat mungkin," ujar Menkeu.

Pemerintah akan mengidentifikasi kerugian rumah dan memberikan bantuan kepada masyarakat untuk membangun rumah tahan gempa bumi.

Selain itu, pemerintah juga akan mengestimasi kerusakan atas bangunan sekolah, rumah sakit dan fasilitas sosial. 

Baca juga: Bantuan internasional pertama tiba di Palu

Pewarta: Bayu Prasetyo
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2018