INAPGOC siapkan area khusus bagi pengguna kursi roda

id Asian Para Games 2018,Area kursi roda,gelora bung karno, inapgoc

Area khusus pengguna kursi roda yang terletak pada zona biru stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu 6/10/2018 (ANTARA News/Fathur Rochman)

Jakarta (ANTARA News) - Panitia Penyelenggara Asian Para Games 2018 (INAPGOC) menyediakan area khusus untuk para penyandang disabilitas yang mengunakan kursi roda, pada acara pembukaan Asian Para Games 2018 di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Sabtu.

Terdapat dua area yang disediakan, yakni terletak di zona pintu biru dan area zona pintu kuning. Kedua area tersebut mampu menampung hingga 500 pengguna kursi roda

"Di zona pintu biru itu menampung sekitar 300 pengguna kursi roda, kalau di zona pintu kuning sekitar 200 (pengguna)," ujar salah seorang sukarelawan yang bertugas di area pintu zona biru, Annisa.

Annisa mengatakan area pintu zona biru telah dibuka sejak pukul 16.00 WIB. Para penonton yang  menggunakan kursi roda mulai berangsur-angsur memasuki area khusus tersebut.

Area khusus itu memiliki bentuk berundak dengan lintasan menanjak pada bagian tengahnya. Para sukarelawan yang berjaga, termasuk Annisa memiliki tugas untuk membantu para pengguna kursi roda untuk menaiki lintasan tersebut.

Lintasan yang agak curam itu menjadi tantangan tersendiri bagi para sukarelawan.

"Memang dorongnya agak susah karena lintasannya kan curam. Posisi kaki harus tepat pada saat mendorong agar kursi roda tidak mundur," tutur Annisa.

Sejumlah pengguna kursi roda merasa senang dengan adanya area khusus tersebut. Salah satunya adalah Yenni yang mengaku terbantu dengan keberadaan area khusus kursi roda pada pembukaan Asian Para Games 2018.

"Ini fasilitasnya bagus, enggak ada masalah," ungkapnya.

Perempuan asal Tangerang Selatan itu mengatakan dirinya tidak menemui kendala yang berarti saat memasuki area GBK dengan menggunakan kursi roda.

Sebelumnya, wanita 37 tahun itu juga terbantu dengan keberadaan ojek disabilitas yang mengantarnya dari pintu luar GBK menuju ke gerbang pemeriksaan tiket.

Hal yang sama juga diungkapkan Assor. Pengguna kursi roda yang datang seorang diri ke GBK untuk menyaksikan pembukaan Asian Para Games 2018 itu mengaku senang ditempatkan di area khusus pengguna kursi roda.

"Saya akhirnya berkesempatan menyaksikan langsung pembukaan Asian Para Games 2018," ucap pria 41 tahun itu.

Pembukaan Asian Para Games 2018 akan disaksikan oleh sekitar 20 ribu penonton. Tiket yang dijual sejak beberapa hari yang lalu telah ludes diserbu masyarakat yang ingin menyaksikan pembukaan pesta olahraga terbesar atlet disabilitas Asia tersebut.***4***

Baca juga: Ojek disabilitas permudah penyandang disabilitas tonton pembukaan Asian Para Games

Baca juga: Polda Metro lakukan rekayasa lalu lintas saat pembukaan

 

Pewarta : Fathur Rochman
Editor: Bayu Kuncahyo
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar