Medan  (ANTARA News) - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin melantik Dewan Hakim Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional XXVII di Medan dan Deli Serdang, Sumatera Utara, Sabtu malam.

"Agar kontribusi bapak ibu yang akan diberikan di MTQ ini mampu menjaga dan memelihara Al Quran yang menjadi acuan Muslim dan turut mengembangkannya di masa mendatang," kata Lukman saat melantik Majelis Hakim MTQN XVII.

Hadir juga dalam pelantikan itu Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, Wagub Sumut Musa Rajekshah, Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Muhammadiyah Amin dan tokoh penting lainnya.

Selain pelantikan Dewan Hakim, Lukman juga melantik Panitera dan Dewan Pengawas Musabaqah Tilawatil Quran Nasional XXVII.

Mereka yang dilantik itu disumpah agar profesional dalam menjalankan tugasnya.

Hadirin yang dilantik berjanji untuk bekerja secara profesional dan adil sehingga martabat MTQ Nasional dapat terus terjaga.

Mereka yang dilantik itu berasal dari berbagai latar belakang di antaranya ulama, dosen PTKIN, qari, hafidz serta kalangan ahli di bidangnya masing-masing.

Gelaran MTQ tingkat nasional berlangsung pada 7-12 Oktober 2018. Perlombaan MTQN tahun ini sebanyak 13 cabang atau bertambah satu mata lomba dibanding penyelenggaraan MTQN XXVI di Nusa Tenggara Barat pada 2016.

Presiden Joko Widodo akan membuka MTQN XXVII itu pada Minggu (7/10) malam.

 Baca juga: Warga Medan sambut gembira pawai ta'aruf MTQN
Baca juga: 1.555 kafilah ikut lomba MTQ Nasional di Sumut


 

Pewarta: Anom Prihantoro
Editor: Dewanti Lestari
Copyright © ANTARA 2018