Jakarta,   (ANTARA News) - Ketua Majelis Syura Kerajaan Arab Saudi Dr. Abdullah bin Muhammad bin Ibrahim Al Sheikh turut mendoakan korban  gempa dan tsunami yang melanda Palu, Sigi serta Donggala, Sulawesi Tengah.

Ketua Majelis Syura Kerajaan Arab Saudi juga mengirimkan ucapan belasungkawa kepada Ketua MPR RI Zulkifli Hasan, dan Ketua DPR RI Bambang Soesatyo, terkait bencana gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah, berdasarkan keterangan tertulis dari Kedubes Arab Saudi di Jakarta, Selasa.

Dalam suratnya, Ketua Majelis Syura Saudi menyatakan bahwa ucapan tersebut merupakan bentuk solidaritas bangsa Saudi kepada saudara-saudaranya di Indonesia.

"Kami atas nama   seluruh anggota Majelis Syura Arab Saudi ingin menyampaikan ucapan belasungkawa yang mendalam, seraya memohon kepada Allah SWT semoga senantiasa melimpahkan rahmat dan ampunan-Nya kepada para korban meninggal dunia, memberikan kesabaran dan kekuatan bagi keluarga yang ditinggalkan, serta kesembuhan dengan segera kepada para korban luka, dan selalu menjaga bangsa Indonesia dari segala hal buruk dan bencana," ungkap dia.

Data terbaru jumlah korban meninggal dunia dalam musibah gempa dan tsunami, di Donggala dan Palu, Sulawesi Tengah, hingga Selasa, pukul 08.54 Wita mencapai 2.002 orang.

Perkembangan informasi penanganan tanggab darurat bencana gempa dan tsunami Sulteng pada Posko Komando Tugas Gabungan Terpadu (Kogasgabpad) di Palu menyebutkan dari korban meninggal dunia itu sebagian dikuburkan secara massal dan sebagian oleh keluarganya masing-masing.

Korban meninggal dunia yang telah dikuburkan secara massal di Poboya sebanyak 864 jenazah, di pemakaman massal Pantoloan 35 jenazah, dan di pemakaman massal di Donggala 35 jenazah.

Korban meninggal dunia yang telah dimakamkan oleh keluarganya masing-masing sebanyak 1.068 jenazah.

Sementara korban luka-luka mencapai 4.084 orang, korban hilang 671 orang. Masyarakat yang mengungsi terdata sekitar 74 ribu orang.

Baca juga: DMI mendata imam masjid korban gempa palu
Baca juga: Program dukungan psikososial ceriakan korban gempa

 

Pewarta: Azis Kurmala
Editor: Dewanti Lestari
Copyright © ANTARA 2018