Pemerintah siapkan rumah sakit sementara di Pulau Sapudi bagi korban gempa

id gempa jawa timur,pulau sapudi,korban gempa jatim

Petugas TNI dan Polri mendata rumah warga yang terdampak gempa di Kecamatan Nonggunong, Kepulauan Sepudi, Sumenep, Jawa Timur, Kamis (11/10/2018). Data BMKG, gempa bermagnitudo 6,4 di 61 km sebelah timur laut Kabupaten Situbondo pada Kamis (11/10) pukul 01.44.57 WIB dengan kedalaman 10 km itu merusak puluhan rumah dan merenggut sejumlah korban jiwa di Pulau Raas dan Sepudi. ANTARA FOTO/Polres Sumenep/sb/foc.

Surabaya (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi Jawa Timur menyiapkan rumah sakit sementara di Pulau Sapudi untuk menangani korban gempa dengan magnitudo 6,3 Skala Richter yang mengguncang wilayah Jawa Timur dan Bali pada Kamis pukul 01.57 WIB.

"Rumah sakit sangat diperlukan di sana karena warga, terutama korban luka-luka tidak mau dirawat di Sumenep," kata Gubernur Jawa Timur Soekarwo kepada wartawan di Surabaya, Kamis.

Ia mengatakan dokter bedah umum dan bedah tulang juga akan dikirim ke Pulau Sapudi di Sumenep untuk merawat korban yang terluka akibat gempa.

"Segera kami kirim dari Dinas Kesehatan dan RSUD dr Soetomo, termasuk dari TNI dan Polri. Semua sudah disiapkan dan berangkat menuju Pulau Sapudi membuka posko kesehatan," kata Gubernur yang biasa disapa Pakde Karwo itu.

Gempa yang berpusat di laut 55 kilometer arah timur laut Kota Situbondo, Kabupaten Situbondo, pada kedalaman 12 kilometer pada Kamis getarannya terasa di seluruh wilayah Jawa Timur, termasuk Situbondo, Jember, Banyuwangi, Lumajang, Probolinggo, Bondowoso, Sumenep, Pamekasan, Sampang, Bangkalan, Pasuruan, Batu, Malang, Blitar, Surabaya, Sidoarjo, Jombang, dan Mojokerto.

Baca juga:
Jatim targetkan pembangunan rumah rusak selesai tiga minggu
3 orang meninggal akibat gempa bumi Jatim

Pewarta : Fiqih Arfani
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA

Komentar