Jakarta (ANTARA News) - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani, mengatakan, perhelatan Asian Para Games 2018 membuktikan Indonesia mampu dalam menyelenggarakan dan berprestasi di ajang olahraga internasional.

"Penyelenggaraan Asian Para Games  2018 Indonesia, sekali lagi membuktikan bahwa Indonesia mampu menjadi tuan rumah yang baik, masyarakat yang ramah, dan negara yang maju," kata Puan dalam keterangan tertulisnya yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Puan juga mengapresiasi para atlet Indonesia yang telah berjuang bahkan melampaui target medali yang ditetapkan oleh pemerintah.

"Sukses penyelenggaraan Asian Para Games 2018 Indonesia juga disertai dengan sukses prestasi para atlet Indonesia, yang  meraih capaian prestasi rangking lima," kata Puan.

Indonesia berada di posisi lima dengan perolehan medali 37 emas, 47 perak, dan 51 perunggu.

"Atas nama pemerintah dan pribadi, saya mengucapkan terima kasih bagi atlet-atlet yang telah bertanding untuk prestasi terbaiknya dalam Asian Para Games 2018 Indonesia. Mereka adalah para manusia hebat yang semangat dan daya juangnya menjadi inspirasi bagi kita semua," kata Puan.

Puan mengatakan momentum dalam penyelenggaraan pesta olahraga Asia tersebut semakin meneguhkan bahwa Indonesia sebagai bangsa besar yang majemuk dengan jiwa  gotong royongnya akan selalu mampu menunjukan kepada dunia bahwa Indonesia adalah negara dan bangsa yang bermartabat, maju dan berprestasi," kata dia.

Menurut Menko PMK, Indonesia patut berbangga akan keberhasilan sebagai tuan rumah dalam pelaksanaan Asian Games 2018 lalu menjadi inspirasi seluruh pihak, sehingga pelaksanaan Asian Para Games  2018 Indonesia juga dapat berlangsung dengan baik dan sukses.

"Asian Para Games 2018 Indonesia  merupakan komitmen pemerintah dalam melaksanakan pembangunan sosial dan  memberikan kesempatan yang sama bagi semua untuk meraih kemajuan," tutur Puan.

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2018