target suara nanti untuk Pak Jokowi-KH Ma'ruf Amin minimal 80 persen
Jakarta (ANTARA News) - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI) Perjuangan menargetkan kemenangan 80 persen di Bali untuk pasangan Joko Widodo-KH Ma'ruf Amin di Pilpres 2019.

"Bali secara khusus mendapat penghormatan dari Ibu Ketua Umum, di Bali lah dideklarasikan Pak Jokowi kembali diusung sebagai capres. Karenanya, target suara nanti untuk Pak Jokowi-KH Ma'ruf Amin minimal 80 persen," kata Sekjen DPP PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto, saat membuka Rapat Koordinasi Daerah DPD PDI Perjuangan Bali, di Kantor DPD PDI Perjuangan Bali, Minggu, seperti dikutip dalam siaran persnya. 

Meski diakui berat, target itu diyakini realistis dan bisa tercapai sepanjang mesin partai menjaga soliditas dan meningkatkan gotong royong.

Hasto hadir bersama Ketua DPP I Made Urip, Wasekjen DPP PDl Perjuangan Eriko Sotarduga dan politikus muda PDI Perjuangan Deddy Yervi Sitorus. Adapun jajaran pengurus DPD PDI Perjuangan yang hadir memimpin berlangsungnya rakerda yakni Ketua DPD PDI Perjuangan yang juga Gubernur Bali I Wayan Koster, kader PDI Perjuangan yang juga Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace), serta jajaran pengurus DPC PDI Perjuangan se-Bali.

Untuk bisa memenuhi target itu, Hasto menekankan pentingnya sinergi kader, baik di struktural partai, di ekskutif, dan yang menjadi caleg. Semua harus memadukan gerak agar tidak terjadi gesekan di internal. 

Dan hal yang juga harus menjadi perhatian, kata Hasto, bagaimana partai bisa menarik suara kelompok milenial yang jumlahnya sangat signifikan.

"Partai harus bisa memasukkan nilai ideologis dengan cara yang kreatif ke generasi milenial agar mereka mau berjuang bersama-sama dengan PDI Perjuangan," ujar Hasto.

Sementara itu, Eriko Sotarsuga dalam sambutan rakerda mengungkapkan, kemenangan di Bali, baik untuk Pileg maupun Pilpres menyangkut kebanggaan dan harga diri partai. Oleh karena itu, semua jajaran pengurus dan kader PDI Perjuangan Bali harus menyadari pentingnya gotong royong untuk mewujudkan kemenangan tersebut.

"Di sini, PDI Perjuangan memang mendominasi, tetapi itu jangan membuat kita lengah, kita tetap harus kerjasama antar kader dan antar caleg," ucapnya. 

Sementara itu, I Wayan Koster dalam sambutannya mengungkapkan, di Pilpres 2014 lalu, di saat dinamika politik lebih sulit PDI Perjuangan berhasil memenangkan Jokowi-JK di angka 71 persen maka kondisi sekarang yang lebih baik menjadi momentum untuk lebih meningkatkan kerja-kerja politik.

"Sekarang kondisi dan iklim politiknya bagus, maka 80 persen harus bisa. Apalagi, kebijakan Pak Jokowi sangat prorakyat, yang tentu ini akan lebih menudahkan kita memenangkan Pak Jokowi-KH Ma'ruf Amin minimal 80 persen," kata Koster.

Baca juga: Tim Jokowi-Ma`ruf target raih 60 persen suara di Jabar

Baca juga: Timses Jokowi-JK Kaltim targetkan 70 persen suara

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2018