Buaya muara tersebut kami amankan dengan menggunakan perangkap di sepanjang aliran sungai yang bukan habitatnya
Pariaman, Sumbar (ANTARA News) - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Barat, mengevakuasi seekor buaya muara (Crocodylus porosus) dari aliran Sungai Mangguang, Kecamatan Pariaman Utara, karena meresahkan masyarakat setempat.

"Buaya muara tersebut kami amankan dengan menggunakan perangkap di sepanjang aliran sungai yang bukan habitatnya," kata petugas BKSDA Resor Pariaman, Heri Wardi di Pariaman, Kamis.

Ia mengatakan awalnya satwa yang dilindungi undang-undang tersebut pertama kali diketahui oleh masyarakat setempat pada Jumat (26/10) 2018 sedang berjemur di sekitar aliran sungai.

Setelah mengetahui adanya buaya di sekitar aliran sungai tersebut, pihak perangkat desa langsung melaporkan ke BKSDA Resor Pariaman untuk ditindaklanjuti.
 

Pada hari yang sama, pihak BKSDA langsung meninjau lokasi dan memasang perangkap buaya pada Senin (29/10).

"Perangkap dengan menggunakan umpan satu ekor ayam tersebut berhasil menangkap buaya yang meresahkan masyarakat dan segera kami evakuasi," katanya.

Sepanjang 2018, BKSDA setempat telah menangani tiga kejadian konflik satwa dengan masyarakat di daerah itu.

Konflik pertama terjadi di daerah Tuapejat Kabupaten Mentawai antara satwa bokkoi (Macaca pagensis) yang menyerang masyarakat.

Selanjutnya harimau Sumatera memangsa ternak warga di daerah Kecamatan Sungai Geringging Kabupaten Padang Pariaman.

"Terakhir kami mengatasi konflik buaya muara dengan masyarakat di Desa Tungkal Selatan, Kecamatan Pariaman Utara," ujarnya.

Salah seorang masyarakat setempat Ridwan Efendi (52) mengatakan penangkapan buaya tersebut dilakukan secara bersama dengan petugas BKSDA.

"Masyarakat merasa cukup lega setelah buaya ini ditangkap, karena beberapa waktu terakhir kami tidak berani mendekati aliran sungai," kata dia.

Apalagi banyak masyarakat yang menggunakan aliran sungai tersebut untuk kegiatan sehari-hari.

Baca juga: Buaya masuk permukiman warga Tanjungmutiara, Sumbar
Baca juga: Buaya muara ditangkap warga

Pewarta: Altas Maulana
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2018