Semarang (ANTARA News) - Organisasi Masyarakat Pemuda Pancasila Jawa Tengah menegaskan bahwa pada pesta demokrasi Pemilu 2019, khususnya pemilihan presiden (pilpres), bersikap netral dan tidak mendukung salah satu pasangan calon presiden.

Demikian penegasan Ketua Majelis Pimpinan Wilayah Pemuda Pancasila Jateng Bambang Eko Purnomo di sela napak tilas Pancasila Abadi Pemuda Pancasila dan Deklarasi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) Harga Mati di Semarang, Minggu.

Hanya saja, Bambang tidak merinci alasan dari sikapnya tersebut.

Bambang menjelaskan, napak tilas ribuan anggota Pemuda Pancasila dari 35 kabupaten/kota di Jateng ini dilakukan dengan berjalan kaki menempuh jarak kurang lebih 10 kilometer dimulai dari halaman gedung DPRD Jateng, Jalan Pahlawan, kawasan Simpang Lima, Jalan Ahmad Yani, Jalan dr Cipto, Jalan Tentara Pelajar, dan berakhir di Markas Komando MPW Pemuda Pancasila Jateng di Ruko Citra Grand Sambiroto Semarang.

Disebutkan, kegiatan napak tilas itu untuk memperingati Hari Kesaktian Pancasila dan Hari Jadi Ke-59 Pemuda Pancasila.

Selain itu, juga bertujuan untuk menunjukkan eksistensi Pemuda Pancasila Jateng dengan kegiatan-kegiatan positif, sekaligus mengenalkan keberadaan anggotanya kepada masyarakat luas.

"Saat ini Pemuda Pancasila sudah terorganisir dengan baik dan memiliki anggota dari beragam profesi, suku, agama, politisi dari beragam partai," kata pria yang akrab disapa BEP itu.

Tahun ini, imbuhnya, kegiatan napak tilas juga menjadi momentum strategis untuk mendukung pelaksanaan pemilu damai di 2019.

"Melalui agenda napak tilas tersebut, nantinya akan membawa misi ideologi Pancasila menjadi alat pemersatu bangsa dan NKRI harus diutamakan di atas segala-galanya," ujarnya.

Ketua Bidang Organisasi dan Keanggotaan Majelis Pimpinan Nasional Pemuda Pancasila Gunung Hutapea mengapreasiasi apa yang dilakukan ribuan kader Pemuda Pancasila Jateng pada hari ini.

"Napak tilas ini diharapkan menginspirasi daerah-daerah lain dan Jateng menjadi penjuru baru Pemuda Pancasila secara nasional," katanya.

Baca juga: Pemuda Pancasila temui Presiden Jokowi
Baca juga: Pemuda Pancasila tawarkan konsep percepatan pembangunan
Baca juga: Pemuda Pancasila Jateng netral pada Pemilu 2019

Pewarta: Wisnu Adhi Nugroho
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018