Jakarta (ANTARA News) - Fasilitas pelican crossing akan menggantikan fungsi Jembatan Penyebrangan Orang (JPO) Gelora Bung Karno dan Bunderan Senayan Jakarta sementara selama masa revitalisasi.

"Nantinya akan dibuatkan pelican crossing di sekitar dua JPO tersebut agar pelanggan tetap bisa menggunakan bus Transjakarta dari masing-masing halte," ujar Direktur Operasional PT Transjakarta, Daud Joseph di Jakarta pada Senin.

Daud menjelaskan pada JPO Bunderan Senayan, nantinya akan dibuatkan pelican crossing agar pelanggan tetap bisa menggunakan sisi selatan halte Transjakarta.

Lalu, di Gelora Bung Karno juga akan ada zebra cross atau pelican crossing di depan FX Sudirman agar memudahkan pejalan kaki menggapai halte tujuan.

"Sekarang belum dibikin pelican crossing, nanti ketika JPO direvitalisasi, maka JPO ditutup," tambah Daud.

Sementara itu, layanan bus gratis selama masa revitalisasi JPO Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan menjadi solusi bagi masyarakat pengguna bus Transjakarta.

Sebanyak empat hingga lima unit bus jenis pengumpan (feeder) dikerahkan di dekat JPO Polda dengan dua rute, yaitu Polda-Gelora Bung Karno (GBK) via SCBD dan Bunderan Senayan-Harmoni. 

Pengerjaan JPO Polda ditargetkan selesai Januari 2019.

Baca juga: Rusak berat, jembatan penyeberangan di Jaktim akan dibongkar
Baca juga: Perbaikan JPO Daan Mogot Jakarta Barat paling cepat lima hari
Baca juga: Pemkot Jakbar bangun ulang JPO jembatan gantung

Pewarta: Tessa Qurrata Aini
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018